Find Us On Social Media :

Begini Caranya Mencegah Kebotakan Pada Pria

By Ilham Pradipta M., Selasa, 15 November 2016 | 08:08 WIB

Rambut rontok memang bukan masalah medis serius, tapi dapat mengganggu penampilan.

Intisari-Online.com – Untuk sebagian orang yang memiliki keturunan kepala botak, rambut rontok terkadang menjadi masalah yang tak bisa dihindari. Namun, kondisi itu bukan berarti tidak bisa dicegah. Selidik punya selidik, ada kok cara mencegah kebotakan pada pria. Berikut panduannya:

1.Konsumsi makanan yang baik untuk rambut 

Memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dapat memberikan keajaiban pada rambut kita. Protein yang ditemukan dalam ikan, daging tanpa lemak, dan kecap, dapat mendukung pertumbuhan rambut kita, loh. Sementara itu kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya akan vitamin E dan lemak sehat, membuat rambut tetap lembut dan sehat. Bahkan, remah-rempah seperti kayu manis dapat membantu menyediakan keperluan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan rambut kita.

2.  Tetap terhidrasi 

Hampir 60 persen rata-rata tubuh manusia terdiri dari air. Nah, sekitar 25 persen folikel rambut juga terdiri dari air. Lalu, apa jadinya kalau tubuh mengalami dehidrasi? Ternyata tak hanya membuat tubuh terasa lemah saja, tapi folikel rambut pun akan ikut melemah. Hal inilah yang bisa memicu kerontokan rambut.

3. Konsumsi vitamin 

Stres, gen, hingga masalah medis seperti kekurangan vitamin, adalah penyebab utama rontoknya rambut pada pria. Nah, untuk mencegah kebotakan, pastikan tubuh kita tidak kekurangan asupan vitamin. Terutama vitamin A yang mengatur retinoic acid dalam folikel rambut. Selain itu, kita juga memerlukan vitamin B yang dapat membantu mengurangi tingkat stres dalam tubuh.

Hati-hati, Mencabut Uban Bisa Sebabkan Kebotakan

4. Minta pendapat ahli 

Mau mencegah kebotakan? Jangan ragu  meminta pendapat dermatologis. Menurut Seamour , langkah pertama yang perlu dilakukan adalah berkonsultasi dengan ahli untuk mengetahui cara mencegah dan mengatasi, serta mengetahui penyebab dari kebotakan. Para ahli ini nantinya dapat menawarkan obat atau produk kesehatan rambut yang cocok bagi rambut kita.

5. Mengolah stres dengan baik 

Tingkat stres yang tinggi dapat mengakibatkan beragam masalah bagi rambut. Seperti telogen effluvium (kerontokan rambut sementara), trichotillomania (kondisi yang medesak diri untuk menarik rambut dari kulit kepala), dan alopecia areata (kondisi saat sitem imun malah menyerang folikel rambut). Nah, bila kita dapat mengolah stres dengan baik, masalah kebotakan pun akan semakin menjauh.