Find Us On Social Media :

Ini Dia, Lima Pesen Menkes di Hari Kesehatan Nasional

By Ilham Pradipta M., Senin, 14 November 2016 | 09:09 WIB

Peringatan HKN menjadi sebuah refleksi tentang apa saja upaya yang telah kita lakukan dalam menjaga kesehatan.

Intisari-Online.com – Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati pada 12 November tiap tahunnya, merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk membangun diri, keluarga, dan masyarakat serta negara, khususnya di bidang kesehatan.

 Nah, dalam rangka memperingati HKN pada 2016, Kementerian Kesehatan RI mengusung tema “Indonesia Cinta Sehat” dengan subtema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat”. Tema ini seiring dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS).

Kemenkes: Keamanan Kesehatan Bisa Dicapai Dengan Melibatkan Banyak Sektor 

Dalam momen itu, Menteri Kesehatan (Menskes) RI, Prof. Nila F. Moeloek, mengingatkan bahwa kesehatan merupakan harta yang paling berharga yang perlu dijaga dan dipelihara. Caranya tentu dengan berperilaku hidup sehat dan berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional (JKN). Sebab, seringkali masyarakat baru sadar mengenai arti penting kesehatan, ketika penyakit datang mengancam.

Agar masyarakat hidup sehat dan kuat, Menkes memiliki lima pesan penting di HKN ke-52 ini. “Ayo hidup sehat. 1) Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari; 2) Konsumsi sayur dan buah setiap hari; 3) Makanlah makanan yang bergizi seimbang; 4) Jagalah kebersihan lingkungan, serta 5) Cek kesehatan secara rutin mengontrol tekanan darah, gula darah, serta kolesterol yang ada di tubuh kita”, pesan Menkes (12/11).

Peringatan HKN menjadi sebuah refleksi tentang apa saja upaya yang telah kita lakukan dalam menjaga kesehatan. Upaya promotif dan preventif diniai jauh lebih baik, dibadingkan dengan kuratif dan rehabilitatif dalam keseharian kita.