Find Us On Social Media :

Menghitung Biaya Wisata Backpacker ke Raja Ampat

By Hery Prasetyo, Sabtu, 25 Maret 2017 | 08:00 WIB

Berwisata ke Raja Ampat memang mahal. Kira-kira, berapa biaya wisata backpacker ke Raja Ampat?

Intisari-Online.com - Wisata ke Raja Ampat memang favorit, bahkan secara internasional. Namun, biaya ke sana sangat mahal, kecuali lokasi tempat tinggal dekat dengan Raja Ampat. Meski begitu, biaya itu bisa di tekan dengan cara backpacker. Kira-kira berapa biaya wisata backpacker ke Raja Ampat?

Seperti yang dilansir KompasTravel yang baru saja mengikuti Festival Lovely Raja Ampat pada 18-21 Oktober 2016, ada komponen penting yang menjadi prioritas. Berikut biaya wisata backpacker ke Raja Ampat.

1. Transportasi

Kalau berangkat dari Jakarta, bisa menuju Sorong, Papua Barat. Ada beberapa maskapai yang melayani rute ini antara lain Garuda Indonesia, Nam Air, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Xpress Air.

Harga penerbangan ke Sorong fluktuatif, dengan kisaran Rp 1,5 juta - Rp 3 juta sekali jalan. Dari hitungan terendah, ongkos pesawat pergi-pulang membutuhkan biaya Rp 3 juta.

Sampai di Sorong, wisatawan harus menyeberang ke Raja Ampat. Pilihannya menggunakan kapal laut atau pesawat Susi Air. Untuk menekan biaya, kapal laut adalah pilihan tepat. Kapal cepat dengan waktu berlayar dua jam dari Sorong menuju Waisai (ibu kota Kabupaten Raja Ampat) dihargai Rp 130.000.

2. Tarif wajib masuk

Untuk berwisata di Raja Ampat, wisatawan dikenakan Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) yang dipatok Rp 500.000 per orang untuk wisatawan nusantara dan Rp 1 juta per orang untuk wisatawan mancanegara. Tarif ini dapat dibayarkan di pelabuhan atau kantor Kabupaten Raja Ampat.

3. Akomodasi

Di Raja Ampat ada banyak pilihan jenis akomodasi seperti hotel, resor, dan homestay. Untuk backpacker, homestay jadi pilihan yang tepat karena harga per malamnya paling rendah.

Kisaran harga homestay di Raja Ampat dimulai dari Rp 250.000. per malam. Saran KompasTravel, pilihlah homestay yang dekat dengan tempat wisata atau situs selam yang ingin dikunjungi. Ini akan berpengaruh pada biaya transportasi.

Untuk mencari homestay di Raja Ampat, Anda dapat membuka situs resmi Asosiasi Usaha Homestay Kabupaten Raja Ampat di https://www.stayrajaampat.id/