Find Us On Social Media :

Teknologi Baru Ban Sepeda yang Tidak Bisa Bocor

By Lila Nathania, Minggu, 13 November 2016 | 09:00 WIB

Ban sepeda Nexo

Intisari-Online.com – Para penggowes tentu pernah mengalami ban bocor, sentah sebelum menggowes atau justru saat dalam perjalanan. Masalah ini merepotkan, meski termasuk mudah diatasi. Namun, sekarang tak perlu lagi mencemasaskan masalah ban bocor, karena sudah ada teknologi baru ban sepeda yang tidak bisa bocor.

Ban bocor adalah salah satu hal paling menyebalkan yang bisa dialami oleh pengguna sepeda. Terkadang ketika kita berada di alam atau tempat tertentu, kita tak selalu membawa penambal atau pompa ban. Karena itu, masalah ini bisa jadi mengganggu.

Untung saja sebuah perusahaan bernama Nexo sudah berhasil menciptakan teknologi canggih ini. Nexo membuat ban yang tidak berisi angin dan dijamin tak akan bocor. Perusahaan yang berbasis di Utah ini membuat ban dengan bahan dasar campuran polymeter.

Bahan campuran ini dianggap sempurna sebagai material ban sepeda karena menawarkan keseimbangan dan keawetan. Produk ban Nexo memiliki dua jenis. Jenis pertama adalah roda yang bisa langsung dipasang pada sepeda Anda dan mampu bertahan hingga sekitar 5.000 kilometer dan ban sepeda satu set yang bisa dipakai hingga kurang lebih 8.000 kilometer.

Tak hanya anti bocor, masih ada satu kelebihan ban buatan Nexo ini. Ban ini terbuat dari satu jenis material saja sehingga proses daur ulangnya akan sangat mudah. Mengingat setiap tahunnya ada 10 juta ton ban sepeda yang dibuang, sepertinya penemuan ban yang tak bisa bocor dan mudah didaur ulang ini merupakan benda yang sangat futuristik.