Find Us On Social Media :

Ini Dia, Lima Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Alami

By Ilham Pradipta M., Senin, 7 November 2016 | 15:00 WIB

Bau mulut atau istilah kedokteran giginya adalah halitosis merupakan bau yang timbul akibat proses bakteri di dalam mulut.

Intisari-Online.com – Banyak penyebab yang bisa membuat napas tak sedap. Banyak orang menyebutnya dengan “bau mulut”. Bau mulut ini bisa terjadi pada setiap orang. Di Amerika Serikat saja, setidaknya terdapat 90 juta orang yang mengalaminya. Nah, lalu bagaimana sih cara menghilangkan bau mulut dengan mudah?

1. Peterseli 

Mengonsumsi peterseli merupakan metode terkenal di dunia untuk menghilangkan bau mulut. Peterseli mengandung banyak klorofil yang bisa mengobati napas tak sedap. Apa alasannya? Ternyata makanan yang mengandung klorofil memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Nah, peterseli dapat mengembalikan hilangnya napas segar akibat senyawa belerang di dalam mulut. Senyawa ini bisa disebabkan oleh kumpulan bakteri.

2. Teh hijau 

Bagi Anda yang sering mengonsumsi teh hijau, tak perlu takut lagi dengan permasalahan bau mulut. Sebab teh hijau mengandung antioksidan yang kuat, sebutannya katekin. Sebuah studi di Technion- Israel Institute of Technology menemukan, antioksidan polifenol dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut. Nah, hal itulah yang menjauhkan kita dari napas tak sedap. Antioksidan ini juga bisa melindungi dari kerusakan gigi dan kanker mulut. Hebat, bukan?

3. Apel 

Mengonsumsi apel bisa menjadi cara alami untuk menghilangkan bau mulut. Menggigit apel merupakan cara yang bagus untuk menghajar plak-plak dari gigi kita. Nah, apa sih yang membuat apel bisa mengharumkan napas kita? Selidik punya selidik, apel dapat membantu mulut untuk memproduksi air liur.

Air liur merupakan unsur terpenting dalam memerangi bau mulut. Sebab mulut yang kering merupakan sumber bakteri yang menyebabkan napas tak segar. Nah, air liur inilah yang “memurnikan” mulut dari bakter-bakteri yang tidak dapat menyebabkan bau mulut. Selain itu, apel juga sering dikatakan sebagai pewangi alami.

4. Probiotik dalam Yogurt 

Probiotik yang terkandung dalam yogurt terkenal karena kemampuannya dalam menghasilkan bakter sehat dalam usus. Nah, bakteri sehat dalam usus ini dapat memerangi bau mulut dengan menurunkan jumlah belerang yang dihasilkan dalam sistem percernaan kita. Senyawa belerang ini dapat “ditransfer” ke paru-paru. Alhasil, timbullah napas tak sedap.

5. Jeruk 

Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk, merupakan obat alami yang baik untuk menghilangkan bau mulut. Jeruk membantu menjaga tingkat keasaman dalam mulut kita, sehingga bakteri sulit untuk berkembang.

Tak hanya bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut saja, loh. Ternyata jeruk juga baik bagi orang yang  penyakit gusi atau radang gusi. Selain itu, infused water berupa jeruk dapat menjaga tubuh dari ancaman dehidrasi.