Find Us On Social Media :

Mengenal Kondisi Ingrown Hair dan Cara Pencegahannya!

By Monalisa Darwin D, Senin, 7 November 2016 | 06:02 WIB

Inilah Empat Kesalahan Ketika Mencukur Bulu Kaki

Intisari-Online.com - Ada suatu kondisi dimana rambut atau bulu pada kulit meringkuk atau tumbuh ke bagian dalam dan ini disebut sebagai “ingrown hair”. Hal ini biasanya terjadi karena pencukuran, waxing, dan penggunaan pakaian ketat. Memang tidak banyak orang yang menyukai kondisi ingrown hair dan dan berikut ini adalah tips bagaimana cara pencegahannya!

1. Merawat kulit

Rutinlah untuk melakukan perawatan pada kulit, salah satunya dengan sering menggunakan scrub, dimana ini akan menghapus sel kulit mati pada kulit. Pada akhirnya ini akan membuat kulit lebih lembut dan halus. Scrub atau pengelupasan kulit akan menghilangkan kulit mati yang terus terbentuk.

2. Menggunakan hair removal

Hair removal atau obat penghilang rambut dan bulu dapat digunakan dalam kondisi ini. Ada beberapa obat penghilang rambut yang dapat menghilangkan rambut di bawah permukaan kulit. Jangan selalu mencukur karena justru dapat merusak kulit. Obat penghilang rambut akan bekerja mengangkat rambut yang tumbuh ke dalam hingga akarnya. Namun yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis obat penghilang rambut yang sesuai dengan kulit. Bila perlu, lakukan pengujian lebih dulu untuk melihat apakah ada reaksi alergi atau tidak.

3. Pilihlah pisau cukur yang berbeda dalam keadaan darurat

Kadang, seseorang mungkin terburu-buru dan tidak memiliki waktu untuk melakukan waxing atau menggunakan hair removal. Dalam hal ini, penggunaan pisau cukur listrik dapat menjadi pilihan daripada pisau cukur manual. Pisau cukur listrik biasanya tidak memotong sedekat pisau cukur manual dan jauh lebih aman bila digunakan.

4. Biarkan rambut tumbuh sebelum segera mencukurnya

Adalah penting untuk menunggu rambut tumbuh sebelum langsung mencukurnya. Hal ini justru memungkinkan rambut untuk tumbuh lagi. Bila rambut benar muncul dari folikel, maka tidak ada kesempatan rambut tumbuh ke dalam. Jadi, bila bulu kaki atau tangan mulai muncul, jangan langsung mencukurnya, biarkan lebih dulu beberapa lama untuk mereka tumbuh dan baru dicukur.