Find Us On Social Media :

Marinir Ini Menjalani Operasi Transplantasi Tangan Ganda

By Lila Nathania, Sabtu, 29 Oktober 2016 | 12:32 WIB

Peck sang marinir

Intisari-Online.com – Operasi transplantasi biasanya dilakukan pada satu bagian tubuh saja. Bagaimana bila dua? Marinir ini menjalani operasi transplantasi tangan ganda.

Seorang veteran marinir asal Amerika Serikat baru-baru ini telah berhasil menerima operasi transplantasi tangan ganda. Lengan pendonor telah disambungkan ke lengan marinir ini melalui proses operasi. Setelah bertahun-tahun memiliki lengan atas saja tanpa tangan, kini marinir ini punya kesempatan lagi untuk menggunakan tangannya di masa depan.

Marinir bernama Peck ini kehilangan seluruh tangan dan kakinya pada tahun 2010 silam. Ia kehilangan anggota badannya itu ketika melakukan tur kedua ke Afganistan. Peck melangkah ke ranjau yang kemudian meledak.

Proses operasi transplantasi ini meliputi pengikisan bagian ujung tulang lengan Peck. Setelah itu, bagian ujung tulangnya diberi semacam plat dan disambungkan ke lengan baru tersebut. Hebatnya, tim dokter berhasil menyambungkan lengan ini dengan menghubungankan pembuluh darah arteri, vena, dan nadi.

Peck akan membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun sebelum akhirnya bisa merasakan lagi berbagai macam sensasi menggunakan lengan barunya tersebut. Saat ini ia masih beradaptasi dan belajar menggunakan tangan baru tersebut. Jika semua berjalan lancar, maka tangan ini akan bisa berfungsi dengan normal layaknya tangan biasa.

Bila prosedur ini berhasil, maka akan ada harapan besar bagi orang-orang yang kehilangan anggota tubuhnya dalam perang, kecelakaan, dan penyakit.