Find Us On Social Media :

Video Call dan Mention, Dua Fitur Baru Dari WhatsApp

By Mentari Desiani Pramudita, Rabu, 26 Oktober 2016 | 07:32 WIB

Video Call, fitur terbaru dari WhatsApp.

Intisari-Online.com- Menurut pendiri WhatsApp, Jan Koum, satu dari tujuh orang di dunia atau tepatnya 1 miliar penduduk bumi menggunakan WhatsApp sebagai layanan instant messagingnya. Untuk itu semua, WhatsApp menambahkan beberapa fitur tambahan.

Pertama adalah adanya fitur Video Call dalam versi 2.16.318. Selain sudah terhubung dengan internet, syarat lain pengguna menggunakan fitur ini ialah dengan sudah memiliki kontak masing-masing. Jika tidak, maka sambungan tidak akan masuk dan menampilkan pesan error.

Letak fitur Video Call ini ada di pojok kanan atas kontak. Jika di klik, ada pilihan Voice Call dan Video Call. Pengguna tinggal menekan Video Call dan akan tersambung. Dari gambar dan suara, fitur sudah memiliki kualitas dengan aplikasi Google Duo.

Hanya saja, versinya masih beta. Artinya masih bisa diubah sesuai keputusan atau diperbaiki. Kemungkinan besar, WhatsApp akan menambahkannya hingga pengumuman rilis resminya nanti.

Fitur lainnya ialah mention. Sebenarnya, fitur ini sudah lama dinanti oleh penggunanya. Di sini, dalam percakapan grup, pengguna bisa ‘mencolek’ temannya di WhatsApp. Setelah diperbarui, versi yang digunakan adalah 2.16.272.

Cara menggunakannya juga cukup sederhana. Pengguna tinggal menambahkan karakter @. Setelah itu, ketik nama kontak yang kontaknya masuk dalam grup tersebut. Ingat, nama yang mention hanyalah kontak yang masuk dalam grup tersebut.

Fitur mention ini hanya tersedia pada percakapan grup (group chatting). Artinya tidak ada mention dalam percakapan pribadi antara dua orang. Lalu fitur ini belum tersedia dalam versi web.

Kegunaan lainnya ialah, pengguna bisa sadar bahwa ia ditanyakan atau disapa di dalam chat. Walau notifikasi grup di non-aktifkan tapi ada bunyi notif yang akan muncul.