Find Us On Social Media :

Yang Wajib Kita Ketahui tentang Labia si Bibir Vagina

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 24 Oktober 2016 | 17:40 WIB

Mitos-mitos Seks yang Tak Boleh Lagi Dipercaya (1): Vagina dapat Menjadi Longgar

Intisari-Online.com - Tidak semua perempuan tahu detail tentang vaginanya, termasuk labia si bibir vagina. Padahal dengan mengetahuinya kita akan lebih mudah untuk merawat dan memperlakukannya.

Ada dua jenis labia

Nama anatomi yang benar untuk bagian-bagian yang berbeda dari labia adalah labia mayor untuk bagian luar dan labia minor untuk bibir bagian dalam. Apa perbedaannya? Labia mayor lebih besar, lebih tebal, berada di bagian luar, dan memiliki lambut. Nah, kedua labia ini sama-sama berfungsi untuk menjaga klitoris serta tempat keluarnya air kencing.

Setiap perempuan punya labia yang berbeda

Setiap perempuan memiliki labia alias bibir vagina yang berbeda. Labia pada tiap perempuan memiliki warna, ukuran, panjang, dan jumlah rambut yang berbeda-beda. Nah, bentuk labia sendiri terlihat seperti dua set bibir.

Labia bisa berubah

Seiring bertambahnya usia, bibir vagina perempuan dapat mengalami perubahan. Yang paling sering terjadi adalah labia akan menyusut karena kekurangan hormon estrogen. Selain itu, labia juga bisa menipis saat kita berumur 20-an tahun seiring dengan terlewatinya masa pubertas. Tak hanya itu, lemak subcutaneous di bawah kulit yang berkurang juga bisa membuat bentuk bibir vagina berubah.