Find Us On Social Media :

Flying Eye Hospital, Pesawat Rumah Sakit Mata Pertama Di Dunia.

By Mentari Desiani Pramudita, Selasa, 25 Oktober 2016 | 07:00 WIB

Flying Eye Hospital, pesawat rumah sakit mata pertama di dunia.

Intisari-Online.com- Kehadiran pesawat sudah banyak kita ketahui sebelumnya. Namun bagaimana dengan pesawat rumah sakit? Mungkin belum. Flying Eye Hospital, inilah pesawat rumah sakit pertama di dunia.

Sebuah organisasi non-profit bernama Orbis International mengoperasikan pesawat rumah sakit pertama di dunia. Sejak 1982, mereka sudah berkomitmen melayani pengobatan penderita gangguan mata di dunia.

Untuk itu, Orbit International bekerjasama dengan FedEx memperkenalkan Flying Eye Hospital. Sebuah pesawat rumah sakit untuk penderita mata berjenis DC 10 Air Craft. Pesawat ini berfungsi layaknya pesawat pada umumnya. Namun di dalamnya ada fasilitas seperti rumah sakit bahkan ada ruang operasi khusus mata.

Pesawat terdiri dari beberapa ruangan. Bagian depan seperti pesawat umumnya ada tempat duduk dengan standar penerbangan. Setelah itu dibagi beberapa ruangan seperti ruang pemeriksaan sampai ruang operasi. Lalu dibagian paling belakang ada kargo kontainer untuk FedEx.

Selama penerbangan, Flying Eye Hospital menyiapkan 48 dokter spesialis mata dan perawat dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, New Zealand, dan masih banyak lagi. Bandara sentralnya ada di Reagan Washington National Airport.

Sejak diluncurkan pada 2013, sudah ada tiga generasi dari Flying Eye Hospital. Lalu pesawat rumah sakit ini sudah meluncur di 92 negara di dunia termasuk Indonesia.