Find Us On Social Media :

Lima Langkah Membuat Anggaran Keuangan Pertama Kali

By K. Tatik Wardayati, Senin, 24 Oktober 2016 | 13:22 WIB

Menentukan anggaran pertama kali

Intisari-Online.com – Kalau Anda baru lulus kuliah dan baru saja mendapatkan pekerjaan, sementara, Anda pun ingin tetap hang out dengan teman-teman dan membayar tagihan setiap bulan, rasanya langkah pertama adalah membuat anggaran keuangan supaya keuangan tetap stabil. Menetapkan batas untuk diri sendiri adalah kunci untuk mencapai anggaran berimbang.

Daftar semua pendapatan

Catat berapa penghasilan yang diterima, catat pula penghasilan bersih setelah dipotong pajak. Penghasilan termasuk menyewakan barang-barang pribadi atau mengerjakan hobi.

Catat semua biaya tetap

Catat semua biaya bulanan, termasuk sewa, tagihan telepon, pembayaran mobil, asuransi, pinjaman, cicilan tagihan kartu kredit, dan hal-hal lain yang dibayarkan sama setiap bulannya.

Dokumentasikan biaya variabel.

Biaya variabel adalah bagian dari anggaran bulanan yang memiliki kontrol paling atas dan disesuaikan keperluan. Termasuk ini hiburan, wisata, belanja, bahan makanan, makan di luar, perawatan pribadi, dan berlangganan majalah atau koran.

Tujuan penghematan

Yang terpenting adalah menyisihkan uang untuk tabungan masa depan. Sisihkan 10 persen dari  penghasilan setelah dipotong pajak, lebih baik lagi bila lebih. Jadikan ini sebagai biaya tetap dan jadwal transfer otomatis ke rekening tabungan setiap bulannya. Pikirkan juga dana cadangan dan asuransi.

Pilih alat anggaran

Sejumlah perencana keuangan online yang aman tentunya bersedia membantu Anda. Berhati-hatilah dengan kebiasaan belanja Anda dan pastikan mengikuti anggaran yang sudah dibuat dan tidak hidup lebih besar daripada yang dapat dikelola. Keuangan yang stabil merupakan hadiah yang tak ternilai bila dapat bertahan dengan itu.