Find Us On Social Media :

Panda Tertua di Dunia telah Mati di Hong Kong

By Lila Nathania, Senin, 24 Oktober 2016 | 09:02 WIB

Jia Jia si panda

Intisari-Online.com –Kabar menyedihkan baru saja datang. Panda tertua di dunia telah mati di Hong Kong.

Panda tertua di dunia yang hidup dalam penangkaran bernama Jia Jia. Panda berusia 38 tahun ini beberapa waktu lalu dieuthanasia (disuntik mati) di Hong Kong karena kondisi kesehatannya sudah memburuk dengan sangat parah selama dua minggu terakhir ini.

Jia Jia yang berarti ‘kebaikan’ merupakan panda hadiah yang diberikan untuk Hong kong tahun 1999 silam. Ia diberikan kepada Hong Kong bersama dengan satu panda lain untuk menandai ulang tahun kedua kemerdekaannya dari era kolonial Inggris.

Dalam dua minggu terakhir ini konsumsi makanan Jia Jia sudah menurun dengan sangat drastis. Biasanya Jia Jia bisa makan lebih dari 10 kilogram dan sekarang ia hanya makan kurang dari tiga kilogram setiap hari. Karena itulah berat badannya turun drastis dari 71 kilogram menjadi 67 kilogram.

Beberapa hari terakhir ini Jia Jia makin jarang bangun dan sama sekali tidak tertarik untuk makan ataupun minum. Kondisinya sangat buruk sehingga ia bahwa tidak bisa berjalan. Seharian ia hanya tidur-tiduran saja.

Kondisi Jia Jia sudah sangat buruk sehingga pihak Ocean Park yang memiliki Jia Jia memutuskan untuk mengakhiri penderitaannya. Mereka setuju untuk mengeuthanasia Jia Jia. Selamat jalan, Jia Jia.