Find Us On Social Media :

Aneh tapi Nyata, Payudara Ibu akan Memakan Dirinya Sendiri setelah Selesai Menyusui

By Lila Nathania, Minggu, 23 Oktober 2016 | 15:24 WIB

Ibu menyusui

Intisari-Online.com – Aneh tapi nyata, payudara ibu akan memakan dirinya sendiri setelah selesai menyusui. Beginilah penjelasannya

Semua orang tentu tahu bahwa ketika menyusui, payudara perempuan akan membesar. Setelah ia selesai menyusui bayinya, payudara akan kembali ke ukuran normal sebelum bayi lahir.

Selama ini para peneliti masih mencari tahu bagaimana payudara perempuan bisa berhenti memproduksi susu dan kembali ke ukuran aslinya. Sekarang, mereka sudah menemukan alasannya. Jangan kaget, alasan ini memang cukup mengejutkan.

Menurut studi terbaru yang dimuat dalam jurnal Developmental Cell, sel-sel dalam payudara ibu akan memakan sel yang sudah mati ketika ibu berhenti menyusui anaknya. Karena itulah ukuran payudara bisa mengecil lagi setelah proses menyusui berakhir.

Payudara perempuan sendiri terdiri dari kelenjar-kelenjar yang diselubungi jaringan lemak. Ketika perempuan hamil, hormon akan mendorong peningkatan sel-sel kelenjar ini. Sel-sel baru yang berbentuk seperti kantong ini kemudian akan memproduksi susu.

Ketika perempuan selesai menyusui, sel-sel yang seperti kantong tadi akan mati. Anehnya, hal yang tak lazim terjadi pada sel-sel ini. Biasanya saat ada sel mati, sistem imun tubuh akan memunculkan reaksi seperti bengkak atau rasa sakit. Namun hal ini sama sekali tidak terjadi pada ibu menyusui. Setelah proses menyusui berakhir, sel-sel ini langsung dimakan oleh sel lainnya. Bagaimana prosesnya?

Simak kisah selanjutnya dengan meng-klik halaman "2".