Find Us On Social Media :

Frihamnen, Sauna Mewah nan Unik yang Bisa Digunakan Secara Gratis Oleh Pelancong

By Mentari Desiani Pramudita, Sabtu, 22 Oktober 2016 | 09:09 WIB

Frihamnen, sauna mewah di Swedia yang bisa digunakan secara gratis.

Intisari-Online.com- Seperti kata pepatah yang mengatakan jangan hanya melihat dari depannya. Seperti itulah kita seharusnya kepada apa saja termasuk bangunan yang berada di Swedia ini. Terlihat biasa saja bahkan bisa tergolong kumuh, justru bangunan tersebut ialah sebuah sauna mewah.

Frihamnen merupakan sebuah sauna yang berada di kawasan pelabuhan Gothenburg. Sekitar 3 jam dari ibukota Swedia, Stockholm. Sauna ini ada sejak Februari 2014. 

Sauna ini berbeda dengan kebanyakkan sauna pada umumnya. Sebab di desain sangat elegan dan mewah. Arsiteknya berasal dari perusahaan design Raumlabor. Ada 10 arsitek di dalamnya. Awalnya tujuan dari Raumlabor sebagai tim arsitek ialah untuk menciptakan sebuah tempat yang bisa menyatukan penghuni di sekitar pelabuhan Gothenburg. Sebab mereka menganggap kota Gothenburg kehilangan karakternya sebagai kota industri. Untuk itu Frihamne dibuat.

Frihamnen terdiri dari 2 lantai. Bagian luar menggunakan besi-besi tua sementara bagian dalam dipenuhi berbagai interior yang dilapisi kayu dan kaca. Bahkan area ganti pakaian menggunakan botol-botol bekas.

Di area sauna ini ada lokasi rileks (dalam bangunan), lalu jembatan penghubung ke bagian luar bangunan. Luar bangunan ada area kamar mandi dan tempat ganti pakaian.

“Frihamnen bisa menjadi tempat rileksasi dan saling berdiskusi karena tempatnya luang dan sepi,” kata Francesco Apuzzo dan Jan Liesegang, dua dari 10 arsitek dari Raumlabor.

Sekarang, sauna ini lebih banyak didatangi oleh traveller. Sebabnsegala fasilitas di area sauna mewah ini gratis. Traveller bisa menikmati keindahan pinggir pelabuhan dan kemewahan secara cuma-cuma. Satu-satunya syarat hanyalah menjaga kebersihan area sauna.

Tahun 2015, Frihamnen masuk nominasi sebagai salah satu bangunan terbaik di Swedia dalam Kasper Salin Prize.

Tertarik ke sana? Sepertinya menyenangkan. Jika Anda ke Swedia, tidak ada salahnya mampir ke sauna mewah ini.