Find Us On Social Media :

Jika Tak Ingin Aromanya Berubah, Jangan Menyimpan Tomat di Kulkas

By Moh. Habib Asyhad, Minggu, 23 Oktober 2016 | 08:06 WIB

Tomat Selahap Paman Gembul

Intisari-Online.com – Jangan pernah menyimpan tomat di kulkas karena ia memang tak ditakdirkan untuk ditempatkan di dalamnya. Begitu menurut sebuah riset terbaru yang dilakukan oleh Harry Klee dari University of Florida. Tomat yang kedinginan akan membuat aromanya hilang.

Menurut analisis Klee pada gen tomat sebelum dan selama disimpan di kulkas serta dikembalikan lagi ke suhu ruangan, suhu di bawah 12 derajat memicu proses metilasi DNA. Metilasi itu memengaruhi aktivitas gen, membuat produksi enzim tertentu terganggu. Akibatnya, produksi senyawa yang membuat tomat lebih terasa manis dan beraroma segar terganggu.

Penyimpanan selama satu hingga tiga hari kulkas takkan menghilangkan aroma. Namun, penyimpanan selama seminggu baik di kulkas rumah maupun pendingin di supermarket akan menghilangkan kesegaran.

Mengembalikan tomat yang telah disimpan di kulkas ke suhu ruangan juga tak membantu. Tomat tetap kehilangan aroma segarnya. Hasil ini dikonfirmasi juga lewat tes aroma dan rasa yang melibatkan 76 orang. Elizabeth Baldwin dari Departemen Pertanian Amerika Serikat mengatakan, “Dengan pengetahuan ini, kita bisa melakukan persilangan atau manipulasi genetik.”

Tujuannya adalah menghasilkan tomat yang tak kehilangan aroma ketika disimpan pada suhu rendah. Penyimpanan pada suhu ruangan membuat tomat cepat membusuk. Sementara tomat yang tahan dingin belum terwujud, Baldwin seperti dikutip New Scientist, Selasa (18/10) mengatakan, “Jangan menyimpan tomat di kulkas.”