Find Us On Social Media :

Hati-hati! Meninggalkan Anak Sendirian di Dalam Mobil dapat Membuatnya "Terpanggang"

By Bramantyo Indirawan, Jumat, 21 Oktober 2016 | 12:01 WIB

Mobil akan terasa seperti oven dan manusia dapat terpanggang apabila terlalu panas dengan durasi lama.

Intisari-Online.com – Saat berkendara hampir semua pengemudi menggunakan pendingin agar tidak kepanasan akibat pancaran matahari. Apabila dibayangkan maka kita akan menghabiskan waktu berkeringat dan perlahan terbakar bila pendingin ruangan tidak ada dalam cuaca panas. Benarkah?

Matt Moran adalah seorang koki televisi asal Australia yang ingin membuktikan bahwa kita bisa terpanggang dengan menempatkan daging domba di dalam interior mobil. Tujuannya adalah untuk menunjukkan salah satu konsekuensi kepada orangtua yang meninggalkan anaknya di mobil sendirian.

Dimulai dari 27,1 derajat dimana daging kambing mulai berubah warnanya, kemudian suhu berubah hingga 72,5 derajat dan daging termasak dengan durasi waktu 90 menit. Bahkan Matt Moran mengatakan bahwa daging ciptaan pancaran sinar matahari ini terlalu matang. Ia juga memberikan nasehat keamanan agar orangtua tidak meninggalkan anaknya yang harus terkena panas matahari.

Bagaikan oven kita juga harus berhati-hati pada ancaman ini. Kita bisa membuka kaca atau menyalakan mesin agar pendingin ruangan bekerja, tetapi pada dasarnya kita tidak boleh meninggalkan anak sendirian di dalam mobil.

Setiap tahunnya sekitar 5.000 anak di Australia ditinggalkan sendiri di mobil orangtuanya. Pada bulan Februari 2015, mobil ambulans harus melayani 200 kasus kepanasan. Tahun 2014 mereka juga harus menangani 1165 kasus yang melibatkan peninggalan anak-anak tanpa penjagaan.

Indonesia juga menjadi negara dengan iklim yang memiliki musim panas bersuhu tinggi. Untuk itu, jangan pernah tinggalkan anak sendirian di dalam mobil dalam waktu lama.