Find Us On Social Media :

Ingin Berhasil Tanpa Berlatih? Mimpi!

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 21 Oktober 2016 | 18:25 WIB

Pembelajaran berkesinambungan merupakan persyaratan minimum untuk sukses dalam bidang apa pun.

Intisari-Online.com – The Pikes Peak Ascent adalah sebuah lomba pendakian gunung yang sangat menantang. Lomba ini menempuh jarak 21,5 km dengan ketinggian 2,4 km. Don Wallace – yang notabene adalah mantan pemain bisbol asal Amerika Serikat – sudah mengikuti lomba ini 20 kali.

Dalam perlombaan terakhir yang diikutinya, ia mencapai garis finish tepat seminggu sebelum ulang tahunnya yang ke-67. Don tidak berlatih ketika akan mengikuti perlombaan saja, melainkan ia berlari sejauh 9,5 km setiap hari, sepanjang tahun, di mana pun ia berada. Ia telah melakukan hal ini hampir di sepanjang masa dewasanya, dan terus berlanjut hingga sekarang.

Jika diperhatikan, sesungguhnya para maestro menjadi semakin mahir dan ahli karena latihan yang mereka jalani setiap hari. Mungkin moto hidup mereka adalah, “Tiada hari tanpa berlatih.”

Sampai saat ini, saya pun terus melatih diri untuk menulis, agar tulisan saya menjadi lebih baik dari hari ke hari. Saya percaya bahwa seseorang yang memiliki kemampuan, keberanian, dan keinginan untuk mengembangkan diri dengan terus belajar, pasti akan meraih keberhasilan. Pembelajaran berkesinambungan merupakan persyaratan minimum untuk sukses dalam bidang apa pun.

Sebaliknya, jika saya tidak terus memperbaiki diri, niscaya prestasi saya hanya akan tinggal kenangan. Ya, ketika seseorang mulai kehilangan hasrat untuk belajar dan bertumbuh, ia mulai menutup pintu untuk perkembangan dirinya di masa mendatang. Bahkan, Tom Poters yang notabene adalah seorang pakar manajemen, pun mengatakan hal senada.

“Keahlian apa yang dibutuhkan untuk masa depan? Kita tidak pernah tahu. Namun, hal yang utama adalah tetaplah belajar menguasai hal-hal baru, karena kita ada dalam suatu lingkungan yang menekankan bahwa belajar adalah syarat untuk menang.”

Hari ini, mari mengasah kemampuan dan bakat kita. Jangan puas dengan hal yang biasa-biasa saja. Jangan malas mencari hal yang baru. Jangan terlena dengan penemuan yang lama. Carilah gagasan yang lebih luar biasa, ciptakanlah pencapaian yang lebih hebat dari sebelumnya, dan terbanglah lebih tinggi lagi. Ketika kita berhenti belajar, kita berhenti untuk maju. Setiap hari, dalam keadaan apa pun, belajar lah untuk terus berkembang. Kerjakan sesuatu yang sulit, karena hal itu baik bagi kita. Jika kita hanya mengerjakan sesuatu yang telah kita kuasai, kita tidak akan pernah maju. Teruslah bertumbuh dan maju sehingga kita tidak harus mendengarkan lagi, “Aku masih seperti yang dulu.”