Find Us On Social Media :

Melatih Diri Jadi Orang Humoris Bisa Tingkatkan Kebahagiaan Lo

By Tika Anggreni Purba, Rabu, 19 Oktober 2016 | 08:06 WIB

orang humoris lebih bahagia

Intisari-online.com—Anda pasti sudah sering mendengar bahwa hati yang gembira dan tertawa adalah obat yang manjur. Bahkan senyum dan tawa merupakan salah satu cara untuk memelihara hubungan dengan orang lain. Intinya, senyum dan tawa membawa banyak kesenangan bagi hidup kita.

Tapi, tahukah Anda bahwa kita bisa menggunakan kekuatan humor untuk membawa lebih banyak rasa senang dan bahagia dalam diri kita?

Sebuah penelitian dari ilmuwan humor, Willibald Ruch dan tim, menemukan bahwa humor sangat berdampak baik bagi kesehatan mental seseorang. Tapia pa jadinya kalau kita bukan orang yang humoris? Tenang, kita bisa belajar kok.  Cobalah lima tips latihan humor ini!

1. Ciptakan tiga hal lucu setiap hari. Malamnya, cobalah tulis tiga hal apa yang paling lucu Anda alami hari ini. Cobalah mengingat apa yang Anda rasakan dengan pengalaman lucu itu.

2. Hitunglah hal yang lucu hari ini. Dalam proses latihan ini, teruslah mengingat hal-hal lucu yang Anda lihat atau rasakan.

3. Cobalah untuk menjadi humoris. Jika Anda sudah paham tentang hal-hal yang lucu, cobalah terapkan dengan rekan. Bisa mencari referensinya, dengan menonton film komedi atau hal-hal humoris lainnya.

4. Menyimpan setiap kenangan lucu. Sering-seringlah mengingat kembali memori atau kenangan lucu yang terjadi di masa lalu. Semakin detail kita mengingatnya, semakin bagus.

5. Atasi stres dengan humor. Coba pikirkan pengalaman yang paling membuat Anda stres hari ini. Nah, ketimbang mengatasinya dengan keluhan, cobalah memandang persoalan hari ini dengan candaan atau menganggapnya sebagai hal yang lucu.

Semua aktivitas humor bisa membuat kita lebih bahagia dan tingkat stres menurun. Cobalah melakukan kegiatan ini selama seminggu dan lihat, bagaimana humor bisa membuat Anda lebih happy!