Find Us On Social Media :

Ini Dia, Enam Manfaat Bermain Alat Musik Bagi Otak dan Tubuh

By Ilham Pradipta M., Selasa, 18 Oktober 2016 | 07:38 WIB

Bermain alat musik secara teratur dapat dijadikan bentuk latihan bagi otak.

Intisari-Online.com – Kabar baik bagi Anda yang gemar bermain alat musik. Penelitian telah membuktikan banyaknya manfaat bermain alat musik bagi kesehatan tubuh, terutama pikiran. Bahkan, aktivitas ini bisa menurunkan stres, tekanan darah, dan mencegah demensia serta depresi. Nah, berikut manfaat bermain alat musik bagi tubuh dan pikiran:

1. Pikiran semakin tajam

Studi dari University of Kansas Medical Center menyimpulkan, musisi memiliki hasil tes kognitif yang lebih baik daripada mereka non-musisi. Kok bisa? Nah, ternyata bermain alat musik secara teratur dapat dijadikan  bentuk latihan bagi otak. Mulai dari memukul seprangkat drum hingga menium saksofon, bisa membuat otak tetap aktif.

2. Meningkatkan koordinasi

Musisi biasanya memiliki koordinasi tubuh yang sangat baik. Sebab, aturan dasar bermain alat musik mengharuskan mereka untuk memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata. Nah, dampak positifnya, kita akan lebih pandai bila berolahraga yang memerlukan koordinasi antara tangan dan mata. Bermain basket, misalnya.

3. Mengatur suasana hati

Meningkatkan suasana hati juga bisa kita lakukan dengan bermain alat musik. Penelitian menunjukkan, manfaat bermain alat musik dapat mengurangi stres dan menurunkan tingkat hormon kortisol. Ada juga manfaat unik dari bermanfaat alat musik. Ternyata, dengan menciptakan musik sendiri, memungkinkan kita untuk mengatur suasana hati. Mulai dari sedih, tegang, hingga gembira.

4. Sistem pernapasan jadi lebih baik

Meniup alat musik klarinet, seruling, atau instrumen tiup lainnya, memiliki sebuah aturan, yakni bernapas dengan benar dan secara tepat. Sebab, instrumen ini akan berbunyi sesuai getaran udara yang dihasilkan dari napas musisi yang memainkannya. Lalu apa manfaatnya bagi si musisi? Bermain alat musik sama saja melatih pernapasan agar lebih efektif. Alhasil, sistem pernapasan jadi lebih baik karena dilatih secara rutin.

5. Meningkatkan konsentrasi

Ada banyak sekali dari elemen musik yang tak boleh diabaikan oleh seorang musisi. Mulai dari lirik, irama, tekstur, timbre, dan sebagainya. Para musisi diharuskan memiliki kefokusan yang hebat bila ingin memainkan alat musiknya dengan baik. Nah, keuntungannya, hal itu sama saja melatih konsentrasi seseorang. Apalagi bila memainkannya dalam sebuah grup. Hal itu lebih ampuh untuk melatih meningkatkan konsentrasi kita.

6. Indra pendengara lebih baik

Untuk bermain alat musik, musisi harus mendengarkan musiknya secara intuitif.   Nah, kemampuan untuk mendengarkan itulah yang memungkinkan mereka mengetahui memilih tangga nada atau irama yang tepat. Lalu apa keuntungannya bagi kegiatan sehari-hari? Ternyata, hal ini dapat membuat kemampuan mendengar kita jadi lebih baik. Nah, kemampuan mendengar inilah yang menjadi kunci kesuksesan membangun hubungan sosial dengan orang lain.