Find Us On Social Media :

Lima Kesalahan Umum Penggunaan Deodoran

By Monalisa Darwin D, Minggu, 16 Oktober 2016 | 09:12 WIB

Kesalahan penggunaan deodoran

Intisari-Online.com - Kita mungkin sudah menjaga kebersihan tubuh, tak terkecuali pada bagian ketiak dengan menggunakan deodoran. Namun, ternyata deodoran tidak sepenuhnya menghalangi keringat, bau, dan gatal. Yuk, periksa lima kesalahan umum penggunaan deodoran berikut ini:

1. Menggunakan produk yang salah

Deodoran dan antiperspiran adalah dua produk yang berbeda. Bila ingin menghilangkan bau, deodoran adalah pilihan yang tepat dan bila ingin menghalangi keringat, antiperspirant-lah yang digunakan karena mengandung aluminium klorida.

2. Menggunakannya di waktu yang salah

Untuk deodoran, dapat digunakan setiap saat dan setiap hari, namun untuk antiperspiran sebaiknya hanya digunakan di malam hari saja. Bila diterapkan pada waktu yang tidak sesuai maka justru akan meningkatkan  keringat atau bau yang berlebih.

3. Mengandung wewangian

Wewangian pada deodoran atau antiperspiran yang beraroma sangat berat atau berlebihan dapat meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Sebelum menggunakannya, ada baiknya melakukan pengujian lebih dulu pada pergelangan tangan.

4. Memakainya tidak cukup banyak

Terkadang kita menggunakan deodoran atau antiperspiran hanya sedikit dan tidak mengenai seluruh ketiak. Ini kemudian menyebabkan keringat atau bau yang tidak sedap karena kurangnya cairan dari produk pada ketiak.

5. Sudah menggunakan produk yang sama untuk waktu yang lama

Bila sudah lama menggunakan sebuah merk produk untuk ketiak dan terus menimbulkan bau atau keringat, mungkin saatnya untuk mengganti merk. Tubuh dapat mengembangkan resistensi terhadap antiperspiran dan jika tubuh tidak mampu menghentikan keringat, maka akan menjadi lembab. Kemudian akan mengarah pada pertumbuhan mikroba.

(prevention.com)