Find Us On Social Media :

Inilah Rute Penerbangan Internasional Terpendek di Dunia

By Agus Surono, Rabu, 12 Oktober 2016 | 17:27 WIB

Menghubungkan Swis dan Jermas serta melintasi sebuah danau, berjarak sekitar 20-an km.

intisari-online.com - Maskapai dari Wina- Austria, People’s Viennaline mengumumkan akan membuka penerbangan internasional terpendek di dunia, yaitu hanya sekitar 13 mil (sekitar 20 km). Rute penerbangan ini menghubungkan Bandara St.Gallen–Altenrhein di Swiss dengan Bandara Friedrichshafen di Jerman dengan melewati Danau Constance. Jika tidak melewati danau, dengan jalan darat, dua bandara tersebut mempunyai jarak sekitar 40 mil (sekitar 64 km). Waktu tempuhnya sekitar satu jam. Kalau dengan penerbangan ini diperkirakan waktu tempuhnya hanya sekitar 20 menit.

Penerbangan ini rencananya akan dimulai pada 2 November nanti dengan frekuensi dua kali sehari. Penumpang harus membayar sekitar 40 Euro (sekitar Rp600 ribu) untuk penerbangan ini.

Walaupun waktu penerbangan terlihat singkat, penumpang jangan mengharapkan waktu untuk pindah dari Swiss ke German itu menjadi sangat singkat. Karena tentu saja penumpang masih harus meluangkan waktu untuk melakukan check-in dan waktu untuk melewati pengamanan di bandara. Bisa jadi rentang waktu non-penerbangan ini lebih lama dibanding waktu terbang.

Namun terbang internasional dengan rute terpendek di dunia ini tentu saja menjadi sensasi tersendiri.

Rekor penerbangan internasional terpendek sebelumnya juga dipegang oleh maskapai Austria yaitu FlyNiki yang juga berbasis di Wina. Maskapai ini melakukan penerbangan dari Wina menuju Bratislava, Slovakia yang berjarak sekitar 30 mil (sekitar 48 km). Penerbangannya hanya sekitar 10 menit. Namun sekarang penerbangan tersebut terhenti.

Sebelumnya juga ada maskapai ASKY dari Togo yang menghubungkan jarak sekitar 32 mil selama 35 menit. Yaitu dari Kinshasa, ibukota Republik Demokrasi Kongo menuju Brazzaville, ibukota Republik Kongo.

Di sisi lain, rekor penerbangan internasional terjauh dipegang oleh maskapai Timur Tengah, Emirates. Maskapai ini melayani penerbangan langsung dari Auckland, Selandia Baru menuju Dubai yang berjarak 8.825 mil (sekitar 14.200 km) dengan waktu tempuh 17 jam.

Sementara itu, penerbangan rute terpendek saat ini masih dipegang oleh maskapai asal Skotlandia, Loganair. Maskapai ini melayani penerbangan dari Westray menuju Papa Westray di Orkney, Skotlandia yang jaraknya hanya sekitar 1,6 km dengan waktu tempuh 47 detik, tergantung kekuatan angin. Namun rute ini adalah rute domestik.