Find Us On Social Media :

6 Pengobatan Alami ini Akan Membantu Meringankan Sakit Gigi

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 12 Oktober 2016 | 17:44 WIB

Sebelum membuat janji dengan dokter gigi, cobalah beberapa pengobatan alami untuk meredakan sakit gigi.

Intisari-Online.com – Gigi berlubang akan membuat rasa sakit yang tak tertahankan. Kebersihan mulut yang buruk merupakan alasan utama yang menyebabkan pembusukan pada permukaan gigi kita. Rasa sakit bisa begitu hebat bahkan membuat kita tidak ingin memakan makanan apapu, apalagi sesuatu yang manis, terlalu dingin, atau panas. Sebelum membuat janji dengan dokter gigi, cobalah beberapa tips pengobatan alami ini untuk membantu meringankan sakit gigi.

Gunakan garam dan merica

Garam dicampur dengan lada adalah obat untuk sakit gigi ekstrim yang baik. Bahan-bahan tersebut memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik. Kita bisa membuatnya menjadi pasta dan menggunakannya sebagai pasta gigi setiap hari untuk menjauhi rasa sakit yang hebat.

Minyak cengkeh tua

Cengkeh memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan bahkan anestesi yang bisa membantu menyembuhkan sakit gigi ekstrim dan melawan infeksi. Oleskan bola kapas dalam minyak cengkeh dan gosokkan langsung pada sakit gigi. Atau campur beberapa tetes minyak cengkeh dalam setengah gelas air dan gunakan sebagai pencuci mulut.

Air garam hangat

Segelas air garam hangat adalah paling mudah dan cara tercepat untuk meringankan rasa sakit dengan cepat. Ini akna membantu mengurangi peradangan dan juga melawan bakteri yang menyebabkan infeksi.

Hindari suhu ekstrim

Sikatlah gigi dengan air hangat dan jauhkan diri dari suhu ekstrim. Gigi berlubang dapat membuat gigi kita sangat sensitif, sehingga hindarilah hal-hal seperti es krim, kopi panas, dan minuman lain yang dapat menyebabkan gigi kita lebih sakit lagi.

Asuplah obat batuk

Obat batuk tetes atau tablet hisap biasanya mengandung sejumlah kecil anestesi (mentol dan kadang-kadang benzocaine) yang dapat membantu meringankan sakit gigi. Dan dianjurkan untuk tidak mengunyahnya tapi biarkan tetap dalam mulut lebih lama.

Gunakan balsem

Jangan panik! Kita tidak perlu memasukkannya ke dalam mulut, tetapi menerapkannya di luar pipi di mana gigi kita sakit. Kemudian tempatkan handuk kertas di bantal dan berbaringlah di satu sisi, trik ini dapat membantu dengan cepat dan sementara saja.

Nah, itu tadi 6 pengobatan alami yang akan membantu meringankan sakit gigi.