Find Us On Social Media :

7 Masalah Penerbangan yang Sering Dialami dan Cara Mengatasinya (1)

By Lintang Bestari, Jumat, 25 Maret 2016 | 09:30 WIB

7 Masalah Penerbangan yang Sering Dialami dan Cara Mengatasinya (1)

Intisari-Online.com – Jika Anda ingin bepergian menggunakan pesawat, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Mulai dari mengatur jadwal hingga pemesanan tiket. Namun, meskipun sudah disiapkan dari jauh-jauh hari, terkadang ada masalah mendadak yang mengganggu penerbangan. Inilah 7 masalah penerbangan yang sering dialami dan cara mengatasinya:

Ketinggalan pesawatSalah satu masalah penerbangan yang sering dialami adalah ketinggalan pesawat. Jika kita memesan tiket pesawat itu secara online, ada kemungkinan pihak maskapai akan membantu kita. Jangan pernah mengatur ulang jadwal penerbangan dengan mengantre di loket tiket. Sebaiknya, langsung dekati petugas untuk melihat apakah Anda bisa mendapatkan penerbangan yang selanjutnya. Jika ada banyak orang di loket dan Anda tidak bisa menghampiri petugas, cobalah hubungi nomor telepon maskapai.

Penerbangan dibatalkan karena keadaan daruratJika Anda memiliki asuransi perjalanan, ada kemungkinan biaya pesawat akan diganti. Namun, ada baiknya jika kita menelepon maskapai penerbangan untuk menjelaskan situasi yang kita alami sehingga harus membatalkan tiket. Pihak maskapai penerbangan akan mengakomodasi perubahan tersebut sesuai dengan kebijakan mereka.

Tas hilangApabila tas Anda hilang, jangan panik. Biasanya, maskapai penerbangan memiliki cara untuk mengembalikannya. Jarang sekali ada kasus tas hilang yang tidak bisa kembali. Pertama-tama, Anda lapor ke pelayanan pelanggan untuk melaporkan kehilangan. Pastikan Anda menerima tanda bahwa sudah melaporkan kejadian tersebut dan pihak maskapai pun akan berupaya menemukan tas.

Untuk menghindari kejadian ini di masa depan, sebaiknya Anda memberikan tanda pada tas. Selain itu, selipkan selembar kertas berisi nama, nomor tiket dan nomor telepon di bagian depan tas. Jadi, saat tas Anda hilang, pihak maskapai yang menemukannya akan dengan mudah mengembalikannya.

Lupa membawa tanda pengenalSelalu periksa bahwa Anda sudah membawa tanda pengenal sebelum meninggalkan rumah. Terutama paspor untuk perjalanan internasional. Untuk perjalanan ke luar negeri, tidak ada paspor, maka artinya tidak boleh naik pesawat. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya foto KTP dan paspor di handphone Anda.Jika suatu hari Anda lupa membawa tanda pengenal atau paspor maka bisa menunjukkan foto tersebut.Cara tersebut tidak selalu berhasil, tergantung apakah pihak maskapai penerbangan memperbolehkan Anda terbang tanda tanda pengenal. (time.com)