Find Us On Social Media :

Bisakah Suplemen Menyembuhkan PMS?

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 4 Agustus 2016 | 17:15 WIB

Bisakah Suplemen Menyembuhkan PMS?

Intisari-Online.com – Meskipun sebagian besar wanita mengalami PMS setiap bulannya, satu-satunya yang umum digunakan untuk mengobati itu adalah pil KB, diuretik, dan antidepresan. Tapi, baru-baru ini sebuah suplemen di AS yang mengandung bee pollen, dapat mengatasi kembung dan mudah tersinggung, seperti yang dialami saat PMS.

Bee Pollen berasal dari kata Bee (lebah) dan Pollen (serbuk sari bunga jantan), jadi Bee Pollen berarti Serbuk Sari Bunga Jantan yang diambil oleh lebah dan digunakan sebagai makanan pokok dari seluruh koloni lebah madu.

Istilah yang sering digunakan oleh para peternak untuk Bee Pollen adalah “Roti Lebah”. Proses pengambilan Bee Pollen itu sendiri sangat sederhana. Sewaktu lebah menghisap nektar (bakal madu) dari bunga, serbuk sari bersama nektar dan liur lebah terkumpul kemudian disimpan pada kantung pollen yang terdapat pada kakinya.

Bee Pollen adalah unsur reproduksi jantan pada tumbuhan yang berbentuk debu halus yang berwarna kuning keemasan. Pollen terdapat pada benang sari bunga tanaman. Setiap butir pollen mengandung 100.000 hingga 5 juta spora pollen, yang masing-masing memiliki kemampuan untuk bereproduksi sehingga terbentuklah bunga, buah, padi¬- padian, pohon, dan sebagainya

Suplemen serupa telah tersedia di Swedia selama bertahun-tahun, dan sudah dipasarkan sebagai produk anti-PMS. Di tahun 2002, secara acak, dengan plasebo terkontrol, 29 wanita menunjukkan gejala peningkatan PMS seperti mudah marah dan kembung. Namun, 29 bukanlah sampel besar, tetapi perawatan PMS dengan suplemen tersebut memiliki insiden yang tinggi menciptakan efek plasebo, sementara wanita yang tidak menerima suplemen mengalamia peningkatan gejala PMS.

Miriam Greene, seorang obgin di NYU Langone Medical Center, seperti dilansir Cosmopolitan, mengatakan bahwa ia telah memberi pasiennya suplemen bee pollen selama setahun terakhir, dan percaya bahwa itu benar-benar telah membantu mereka. Meski sejumlah kecil pasien memiliki efek plasebo, tetapi itu tidak akan lama.

Memang, suplemen tersebut tidak benar-benar menyingkirkan wanita dari gejala PMS, tapi paling tidak itu bisa membuat merasa lebih baik. Dan jika ingin menyembuhkan secara total, sebaiknya bicarakan dengan dokter, dan kemungkinan besar, para wanita ini akan diberi resep pil KB.