Find Us On Social Media :

10 Manfaat Bergabung Dalam Komunitas Kesehatan Online Bagi Pasien dan Pengasuh (2)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 27 Agustus 2016 | 07:30 WIB

10 Manfaat Bergabung Dalam Komunitas Kesehatan Online Bagi Pasien dan Pengasuh (2)

Intisari-Online.com - Saat ini sudah banyak komunitas kesehatan secara online, dimana dibentuk untuk semua jenis penyakit kronis dan masalah kesehatan. Anggota dapat berinteraksi melalui berbagai media sosial. Ada komunitas yang dibentuk sendiri, ada pula yang berdasarkan jaringan sosial lain. Komunitas seperti ini dapat menjadi sumber berharga bagi orang-orang yang mencari bantuan tentang masalah kesehatan dan ini dia 10 manfaat bergabung dalam komunitas kesehatan online bagi pasien pengasuh:

6. Persahabatan

Berbagi cerita, motivasi, dan saran dengan orang-orang yang memiliki pengalaman yang sama dapat memunculkan rasa kebersamaan. Persahabatan pun kemudian akan tercipta karena bersama-sama melalui masalah.

7. Kenyamanan

Mungkin tidak semua orang dapat bercerita secara tatap muka. Dengan berhubungan melalui media sosial, orang cenderung dapat terbuka dan nyaman bercerita. Selain itu, anggota dalam komunitas kesehatan online juga dapat tehubung dengan banyak orang dimana saja dan lebih efektif, tanpa harus menghadiri pertemuan.

8. Dapat membatasi identitas

Beberapa orang mungkin tidak ingin menyebutkan secara rinci identitasnya karena berbagai alasan. Dalam komunitas online, seseorang dapat membatasi identitas atau informasi pribadinya. Ini juga kemudian dapat menjadi seseorang lebih nyaman bercerita atau bertanya masalah kesehatan.

9. Dukungan nyata

Pasien yang tergabung dalam komunitas kesehatan online juga dapat mencari tahu tentang dunia nyata terkait masalah mereka. Mulai dari tempat pelatihan atau terapi, obat-obatan serta dokter yang direkomendasikan, hingga urusan penelitian terkait.

10. Memberi

Ketika seseorang sudah mendapatkan hasil dari partisipasinya di komunitas kesehatan online tertentu, maka orang tersebut cenderung akan membantu anggota lainnya. Beberapa orang pun tetap aktif di dalam komunitas untuk membantu meski mereka sudah tidak mengalami masalah kesehatan.

Itu dia 10 manfaat bergabung dalam komunitas kesehatan online bagi pasien pengasuh. (verywell.com)