Find Us On Social Media :

Hindari Kebiasaan Buruk Olahraga dan Diet Berikut Ini!

By Monalisa Darwin D, Minggu, 11 September 2016 | 07:30 WIB

Hindari Kebiasaan Buruk Olahraga dan Diet Berikut Ini!

Intisari-Online.com - Melakukan olahraga sambil diet tentu tidak dilarang, selama kita dapat memastikan asupan yang mencukupi kebutuhan tubuh tetap menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Sayangnya, sebagian dari kita tidak menyadari telah melakukan beberapa kesalahan dalam hal ini. Untuk itu, mulai sekarang, yuk, hindari kebiasaan buruk olahraga dan diet berikut ini!

Peregangan sebelum dan setelah berolahraga adalah hal yang penting, jadi jangan dianggap sepele! Kevin Gary, seorang pelatih dan pemilik Body Space Fitness di New York City, menyebutkan bahwa, kelenturan tubuh yang dilakukan saat peregangan sebelum olahraga dapat mengaktifkan otot-otot sehingga akan mengurangi risiko cedera. Dan, peregangan setelah berolahraga akan membantu mengendurkan otot serta memulai proses pemulihan.

Sesekali mengonsumsi smoothie apalagi setelah berolahraga memang tidak ada salahnya. Namun, bila dilakukan terus-menerus justru akan menimbunkan lemak yang tidak diinginan. Apalagi smoothie yang dibeli di toko, kandungan gula dan kalorinya berlebihan, yang akhirnya tidak memberikan hasil maksimal dari olahraga. Batasilah mengonsumsi smoothie setelah olahraga, terutama pada olahraga yang menghabiskan waktu panjang. Ubahlah dengan mengonsumsi jus buah atau sayur yang lebih segar dan sehat.

Tubuh tidak dapat menerima kegiatan berat secara tiba-tiba dan dalam waktu yang panjang. Untuk berolahraga di tempat gym misalnya, cobalah terlebih dulu dengan alat yang ringan dan dalam jangka waktu yang tidak cepat. Ketika tubuh sudah terbiasa, maka berat alat serta waktu latihan di gym dapat ditingkatkan. Jangan memaksakan diri untuk setiap hari gym atau menggunakan alat yang sangat berat. Ini justru akan meningkatkan risiko cedera.

Saat berolahraga kita mungkin akan mengalami dehidrasi, terutama ketika menghasilkan keringat yang sangat banyak. Mengonsumsi air akan mempertahankan energi serta stamina tubuh. Leslie Bonci, RD, pendiri perusahaan konsultasi gizi Active Eating Advice, mengatakan bahwa cairan dapat membantu memberikan bahan bakar untuk otot dan air akan berjalan serta keluar dari sel tubuh yang berdampak membantu menjadikan otot lebih rileks. Air juga menentukan aliran elektrolit dan membantu menjaga suhu tubuh. Selalulah sediakan air saat berolahraga dan konsumsilah secara perlahan agar tidak mengganggu kenyamanan perut.

Hindari pula makanan cepat saji, apalagi di malam hari. Ini akan memperburuk tubuh dan mengganggu proses diet serta olahraga yang sudah dilakukan. Namun, terapkanlah pemikiran bahwa ini bukan sebagai larangan, karena penelitian menunjukkan bahwa anggapan tentang makanan tertentu dilarang justru akan membuat keinginan untuk mengonsumsi makanan tersebut lebih tinggi dan kemudian makan lebih puas.

Yuk, mulai sekarang hindari kebiasaan buruk olahraga dan diet berikut ini! (health.com)