Find Us On Social Media :

11 Tips Agar Tetap Aman dan Nyaman Saat Kuliah di Luar Negeri (1)

By Tika Anggreni Purba, Rabu, 18 Mei 2016 | 12:30 WIB

11 Tips Agar Tetap Aman dan Nyaman Saat Kuliah di Luar Negeri (1)

Intisari-Online.com – Banyak kita menjadi takut untuk kuliah di luar negeri karena berbagai hal. Misalnya takut negara itu tidak aman, apalagi jika tidak ada keluarga di sana. Namun ketakutan bukanlah alasan yang tepat untuk tidak melangkah maju, bukan?

Lakukan tips berikut ini agar tetap aman dan nyaman saat menjadi pendatang baru dan kuliah di luar negeri.

1. Riset, riset, dan riset

Jika kita telah memutuskan untuk kuliah di luar negeri, kita harus melakukan perencanaan dan riset sesegera mungkin. Bacalah berbagai buku panduan perjalanan di negara yang akan Anda tinggali dan pelajari daerah tersebut. Sangatlah penting untuk mengajari diri sendiri tentang budaya lokal, bagaimana harus bersikap dan menghargai budaya mereka, dan bahasa lokal di sana.

Membaca berbagai travel blog yang berkaitan dengan negara tersebut juga bisa menjadi pilihan. Bahkan jika kita menemukan kontak dari penulis blog tersebut, kita bisa menghubunginya untuk meminta saran-saran terbaik mengenai daerah itu.

2. Scan berbagai dokumen penting

Sebelum kuliah di luar negeri, sebaiknya kita menyiapkan kopi-an dari dokumen-dokumen penting. Seperti paspor, SIM, kartu debit dan kredit, dan berbagai dokumen yang penting jika dokumen itu hilang atau dicuri.

Cara termudah adalah dengan melakukan scan, kemudian simpan di beberapa tempat, misalnya di email dan simpan file tersebut dalam folder laptop yang dikunci. Sehingga jika hal dokumen itu terlilang, kita masih memiliki file digitalnya.

3. Persediaan obat-obatan Jika kita adalah orang yang menerima perawatan obat-obatan, buatlah janji dengan dokter dan minta ia memberi kita resep yang bisa digunakan nanti saat studi di luar negeri. Pastikan pula untuk menyelidiki apakah obat-obatan tersebut legal atau illegal di negara itu.

4. Ingat semua nomor penting

Ingatlah nomor-nomor penting yang bisa membantu kita dalam situasi yang tidak diinginkan. Pastikan untuk memiliki semua nomor lokal yang penting. Setidaknya nomor darurat atau polisi.

5. Gunakan SIM card lokal

Jika melakukan perjalanan yang jauh, upayakan tidak membuat ponsel kita dalam keadaan terkunci dan usahakan menggunakan kartu lokal. Hal ini demi keamanan jika terjadi sesuatu, misalnya tersesat.

(About.com)