Find Us On Social Media :

Banyak Masalah, Beberapa Maskapai Penerbangan Ini Melarang Penggunaan Samsung Galaxy Note 7

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 17 September 2016 | 14:00 WIB

Banyak Masalah, Beberapa Maskapai Penerbangan Ini Melarang Penggunaan Samsung Galaxy Note 7

Intisari-Online.com - Beberapa kejadian kebakaran pada Samsung Galaxy Note 7 membuat beberapa maskapai ketar-ketir. Merespon kasus ini, otoritas penerbangan sipil Federation Aviation Administration (FAA) merekomendasikan pelarangan pemakaian telepon itu di dalam pesawat. Rekomendasi ini, sontak mendapat sambutan beberapa maskapai.

Dilaporkan Bussiness Insider, beberapa maskapai di dunia yang menerapkan rekomendasi dari FAA adalah American, Delta, United, Southwest, Air France, Virgin America, Virgin Atlantic, dan Emirates. Tak hanya itu, Qantas, Virgin Australia, Jetstar, dan Tiger Airways juga ikut-ikutan.

“Perusahaan tak melarang penggunaan telepon itu. Itu bentuk rekomendasi untuk mengikuti saran FAA untuk jenis telepon itu (Samsung Galaxy Note 7),” kata juru bicara Air France seperti dikutip Bussines Insider. Maskapai penerbangan asal Singapura yakni Singapore Airlines dan Tiger Airways turut melarang penggunaan Galaxy Note.

Tak hanya luar negeri, sejumlah maskapai di Indonesia juga turut menerapkan rekomendasi FAA. Dari catatan KompasTravel, maskapai seperti Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, dan Lion Air menerapkan kebijakan pelarangan penggunaan telepon tersebut.

“Penumpang AirAsia dan AirAsia X yang membawa Samsung Galaxy Note 7 diharuskan mematikan perangkat tersebut hingga turun dari pesawat,” kicau AirAsia melalui akun Twitternya, Sabtu (10/9).

Sementara, Sriwijaya Air langsung memberlakukan aturan tersebut ke seluruh penumpang pesawatnya. Hal itu dikonfirmasi oleh Senior Manager Communication Sriwijaya Air Agus Soedjono.

“Kita approve untuk aturan itu. Jadi kalau aturan FAA kita pasti ikuti. Itu kan peraturan tertinggi dalam dunia airlines,” kata Agus kepada KompasTravel via telepon, Minggu (11/9). Untuk maskapai Lion Air, KompasTravel juga mendapatkan konfirmasi pelarangan penggunaan Galaxy Note 7 tersebut.(Kompas.com)