Find Us On Social Media :

9 Fakta Menarik Tentang Beruang Kutub (1)

By Bramantyo Indirawan, Selasa, 6 September 2016 | 06:00 WIB

9 Fakta Menarik Tentang Beruang Kutub (1)

Intisari-Online.com –Beruang kutub menjadi salah satu hewan yang berada di ekosistem salju. Penuh dengan warna putih, mengelilingi bulu hingga tempat tinggalnya. Berkurangnya atau semakin mengecilnya populasi mereka dapat diakibatkan berbagai hal termasuk campur tangan manusia.

Tetapi ada pula manusia yang memberikan bantuannya kepada memalia berbulu  yang menyisakan puluhan ribu populasi di dunia ini. Sebut saja Nora, seekor beruang kutub yang lahir pada bulan November setelah diterlantarkan oleh induknya.

Kebun binatang di Columbus telah merawatnya hingga besar dan pada bulan September ini akan dipindahkan ke kebun binatang Oregon. Alasan pemindahannya adalah lingkungan yang lebih tenang untuk mendukungnya melakukan reproduksi.

Ternyata hewan berbulu putih ini memiliki berbagai fakta yang menarik untuk kita simak. Seperti yang dilansir dari wwf.org beserta sumber lainnya, berikut adalah 9 fakta tentang beruang kutub.

1. Perburuan bukan ancaman terbesar

Hewan besar seringkali menjadi target dari perburuan manusia. Tapi ternyata hal itu tidak berlaku pada beruang kutub. Ya, mereka sempat diancam oleh manusia melalui perburuan di tahun 1600 hingga pertengahan 1970.

2. Ancaman terbesar?

Bisa anda tebak sendiri, dokumenter seperti An Inconvenient Truth (2006) dan media lainnya menunjukkan bahwa perubahan iklim menjadi ancaman terbesar para beruang kutub. Kini, pemanasan global melelehkan es lebih awal tiap tahunnya.

Karena penurunan es ini, ilmuwan mempercayai bahwa beruang kutub dapat punah dengan waktu 100 tahun.

3. Kulit beruang kutub berwarna... hitam

Selain itu bulu yang menutupinya ternyata tidak berwarna sehingga memberikan efek putih. Bulu ini berfungsi sebagai kamuflase di salju dan menahan dingin secara efektif.

4. Membersihkan diri dengan berguling