Find Us On Social Media :

Wow! Robot Ini Bisa Mengoperasi Mata Manusia

By Lila Nathania, Minggu, 25 September 2016 | 15:30 WIB

Wow! Robot Ini Bisa Mengoperasi Mata Manusia

Intisari-Online.com – Tak hanya untuk melakukan pekerjaan berat, robot ini bisa mengoperasi mata manusia.

Sebuah robot revolusioner bisa melakukan operasi mata. Sebuah tes operasi telah dilakukan oleh tim dokter di Inggris untuk memastikan kemampuan robot tersebut. Robot ini secara spesifik bisa mengambil membran mata. Membran mata sendiri adalah sebuah lapisan yang sangat tipis pada mata manusia. Tebalnya hanya 1/100 milimeter.

Robot tersebut telah berhasil melalui uji coba dengan sukses. Jarum yang digunakan oleh robot ini berhasil melakukan tindakan operasi pada lubang yang diameternya kurang dari satu milimeter. Robot ini dikendalikan oleh sebuah joystick dan touchpad oleh tim dokter.

Tujuan dari digunakannya alat ini adalah menghilangangkan tremor yang biasa terjadi pada tangan dokter. Saat melakukan operasi yang membutuhkan tingkat ketelitian sangat tinggi, sangat vital untuk tidak melakukan getaran sekecil apapun.

Hal tersulitnya adalah, bahkan detak jantung kita sendiri bisa menimbulkan getaran. Karena itu dibutuhkan adanya robot yang bisa menggantikan tangan manusia dalam operasi. Dengan suksesnya uji coba tersebut, sekarang prosedur operasi dengan tingkat presisi tinggi yang selama ini tak mungkin dilakukan oleh manusia jadi bisa dilakukan oleh robot itu.

Tahap selanjutnya dari percobaan ini adalah bagaimana robot bisa memasukkan jarum ke retina mata. Jarum ini akan digunakan untuk memasukkan cairan sebagai bagian dari terapi gen. semoga saja semua uji percobaan ini bisa sukses dilakukan sehingga memberikan manfaat besar di dunia kedokteran.

(iflscience.com)