Find Us On Social Media :

Miliki Kelamin Ganda, Tubuh Kupu-kupu Unik Ini 'Terbagi Dua'

By Ade Sulaeman, Selasa, 11 Oktober 2016 | 09:30 WIB

Miliki Kelamin Ganda, Tubuh Kupu-kupu Unik Ini 'Terbagi Dua'

Intisari-Online.com - Seekor kupu-kupu unik ditemukan memiliki kelamin ganda; jantan dan betina. Menariknya, kondisi ini dapat terlihat langsung dari bentuk sayapnya yang berbeda antara kiri dan kanan.

Kupu-kupu unik ini ditemukan oleh Chris Johnson, seorang pensiunan insinyur kimia dari Swarthmore, Pennsylvania, Amerika Serikat. Johnson menemukan kupu-kupu ini ketika menjadi relawan dalam pameran kupu-kupu yang diadakan di Universitas Drexel di Philadelphia.

Ketika sedang membersihkan ruang pupa di pameran itu, Johnson menemukan ada kupu-kupu yang akan menetas dari kepompongnya. Perlahan-lahan sayap kupu-kupu itu membuka. Yang keluar dari kepompong ini adalah kupu-kupu yang sayap kiri dan kanannya berbeda.

Ketika melihat keunikannya, Johnson segera melaporkannya kepada koordinator pameran, David Schloss.

Kupu-kupu itu adalah kupu-kupu dari species Lexias pardalis. Kepompong kupu-kupu ini adalah kiriman dari Pulau Penang, Malaysia. Sayap sebelah kanan berwarna khas kupu-kupu betina, berwarna hitam kecoklatan dengan bintik kuning dan putih.

Sayap sebelah kiri terlihat lebih kecil, berwarna hitam lebih gelap dengan sedikit warna hijau, biru, dan ungu. Itu adalah ciri khas kupu-kupu jantan.

Seorang ahli kupu-kupu mengatakan kalau ini adalah kondisi langka yang disebut gynandromorphy, di mana secara lahiriah memiliki karakteristik betina dan jantan. Kupu-kupu unik ini telah diawetkan dan dipamerkan di Universitas Drexel, Philadelphia.

(Sylvana Toemon/kidnesia.com)