Find Us On Social Media :

Rute Sepeda di Polandia Ini Bercahaya dalam Gelap dan Menggunakan Energi Matahari

By Lila Nathania, Sabtu, 8 Oktober 2016 | 17:00 WIB

Rute Sepeda di Polandia Ini Bercahaya dalam Gelap dan Menggunakan Energi Matahari

Intisari-Online.com – Para pecinta olahraga sepeda tentu tak mau melewatkan jalan cantik berikut. Rute sepeda di Polandia ini bercahaya dalam gelap dan menggunakan energi matahari.

Sepeda adalah salah satu alat transportasi paling ramah lingkungan yang bisa kita gunakan untuk bepergian. Tak hanya pada sepedanya, sekarang Polandia telah menyediakan jalan yang ramah lingkungan juga untuk mereka yang suka gowes. Bagaimana bisa? Jalan ini diterangi oleh sel-sel yang bercahaya dalam gelap dan diisi dayanya oleh sinar matahari.

Jalan cantik yang berpendar biru pada malam hari ini bisa ditemukan pada Lidzbark Warminski, bagian utara Polandia. Rute khusus sepeda ini dibuat oleh TPA Instytut Badan Technicznych. Bahannya sendiri adalah sejenis material sintetis yang bisa bercahaya hingga 10 jam setelah pada siang harinya terpapar oleh sinar matahari.

Jalan ini memang terinspirasi oleh ‘Starry Night Bike Lane’ yang ada di Belanda buatan Studio Roosegaarde. Namun, teknologi yang digunakan sedikit berbeda. Jalan yang ada di Belanda itu menggunakan LED sehingga tidak ramah lingkungan. Sedangkan jalan di Polandia ini seluruhnya bergantung pada sinar matahari sehingga 100% memakai green energy.

Saat ini jalan tersebut masih berada pada fase percobaan. Semoga saja ide ini bisa diadopsi pada negara-negara lain sehingga para pesepeda bisa dimanjakan bila berkendara di malam hari.

(boredpanda.com)