Find Us On Social Media :

10 Fakta Mengejutkan dari Oktoberfest di Jerman (1)

By Bramantyo Indirawan, Selasa, 4 Oktober 2016 | 06:00 WIB

10 Fakta Mengejutkan dari Oktoberfest di Jerman (1)

Intisari-Online.com – Apa itu Oktoberfest? Festival yang berasal dari Munich, Jerman ini menyebarkan semangatnya ke berbagai belahan dunia dengan kemeriahan yang identik dengan negara Eropa Barat ini.

Hal yang pasti dipikirkan oleh orang-orang adalah konsumsi bir dan selalu dilaksanakan pada bulan Oktober dalam Oktoberfest, tapi ternyata keduanya itu adalah kesalahpahaman umum! Dilansir dari Momondo.com beserta sumber lainnya, berikut adalah 10 fakta mengejutkan dari Oktoberfest.

1. Bukan sebuah festival Bir

Oktoberfest atau Wiesn pada dasarnya adalah perayaan dari pernikahan pangeran Bavaria bernama Ludwig dengan istrinya yaitu puteri Therese dari Saxony-Hildburghausen pada tanggal 12 Oktober 1810. Baru pada tahun 1819 bir dijual di perayaan ini dan hingga kini kita bisa melihat keluarga kerajaan mengangkat gelas birnya, memperingati Oktoberfest.

2. Tidak selalu mulai di Oktober

Perayaan ini tidak hanya satu hari, biasanya dapat berlangsung hingga dua minggu. Tahun ini sendiri Oktoberfest jatuh pada tanggal 17 September hingga 3 Oktober nanti dengan penutupan berupa 12 tentara yang menembak senapannya di dekat Patung Bavaria. Ya, Oktoberfest tidak selalu terjadi di bulan Oktober.

3. Tidak selalu menyediakan bir

Oktoberfest dirayakan di berbagai tempat di Munich hingga kota lain di Jerman. Apabila bertemu dengan festival yang tidak menyediakan bir itu wajar saja kecuali bernama Oktoberfestbier. Nah, dalam acara yang pasti menyajikan bir itu biasanya menyediakan belasan tenda besar untuk selebrasi dan minum-minum beramai-ramai dengan orang lain.

4. Musik juga penting!

Dalam perayaan hal ini menjadi penting, biasanya berada di setiap tenda alkohol dengan musik tradisional Jerman memainkan tembangnya atau bahkan musik populer yang mereka bawakan ulang. Banyak dari pengunjung akan bernyanyi hingga berdansa, apabila tidak terlalu menyukai kedua hal itu, kita tentunya bisa minum dan makan.

5.  Bir, bir, dan bir!

Gelas yang disajikan di Oktoberfest biasanya berukuran satu liter dengan kandungan alkohol 6%, lebih tinggi dari bir lain pada umumnya. Dikonsumsi oleh orang-orang, tahun lalu 6,4 juta liter bir dikeluarkan untuk memeriahkan perayaan.

Lima fakta mengejutkan lainnya dapat dilihat di bagian kedua.