Find Us On Social Media :

7 Tips Mencegah Pencurian Smartphone (1)

By Ade Sulaeman, Rabu, 28 September 2016 | 10:30 WIB

7 Tips Mencegah Pencurian Smartphone (1)

Intisari-Online.com - Menjadi korban pencurian memang menjengkelkan, apalagi jika yang dicuri adalah smartphone. Tidak hanya ponsel yang mahal, tapi juga berbagai foto dan video serta akses ke berbagai informasi pribadi akan membuat kita sulit tidur nyenyak.

Untungnya, ada beragam tips untuk mencegah pencurian smartphone yang dapat kita terapkan:

1. Jaga ponsel untuk selalu berada di dekat Anda saat berada di tempat umum

Tips satu ini mungkin terdengar umum. Tetapi memang kenyataannya smartphone lebih mungkin untuk dicuri jika ditinggalkan sejenak. Jadi, jangan tinggalkan ponsel di atas meja restoran, sebab hanya butuh waktu satu detik untuk ponsel berpindah tangan.

Pencopetan juga merupakan kontributor besar dari hilangnya ponsel, jadi pastikan pencuri tidak melihat ponsel Anda. Tentu saja Anda tidak bisa berhenti menggunakan ponsel sama sekali, tapi menahan diri untuk tidak menggunakannya terlalu lama tentunya masih bisa dilakukan.

2. Jangan memakai headphone yang mencolok

Sering kali kita melihat seseorang menggunakan headphone dengan warna dan ukuran yang mencolok di tengah keramaian. Headphone seperti ini, selain mudah menarik perhatian, juga akan terlihat mahal di mata pencuri, dimana mereka akan langsung menganggap Anda juga menggunakan smartphone mahal.

3. Hati-hati saat seseorang menanyakan waktu atau untuk membuat panggilan mendesak

Seorang pencuri dapat berpura-pura menanyakan waktu untuk melihat sekilas bagus atau tidaknya ponsel Anda sekaligus mencari tahu dimana Anda menyimpannya. Menggunakan jam tangan sebagai petunjuk waktu bisa turut mengamankan ponsel Anda.

Begitu juga ketika seseorang mencoba meminjam ponsel Anda untuk melakukan panggilan mendesak. Sebisa mungkin tolaklah permintaan tersebut dengan berbagai alasan. Jika memang takut orang tersebut benar-benar membutuhkan, cobalah untuk melakukan panggilan di tempat yang aman dan mudah untuk Anda awasi.

4. Gunakan fitur pelacakan, pengunci dan penghapus

Fitur-fitr pelacakan, pengunci dan penghapus data di smartphone sudah banyak tersedia. Beberapa sistem operasi bahkan sudah menyediakan secara gratis. Ketika fitur ini terpasang dan diaktifkan, Anda memiliki kesempatan untuk memblokir ponsel sepenuhnya lewat kendali jarak jauh.

Simak panduan lengkap menghapus data, mengunci, serta melacak ponsel Anda dalam artikel ini.