Find Us On Social Media :

Sebenarnya, Apa Sih Pengertian dari 'Smartphone'?

By Ade Sulaeman, Senin, 10 Oktober 2016 | 15:00 WIB

Sebenarnya, Apa Sih Pengertian dari 'Smartphone'?

Intisari-Online.com - Kita tentu sudah tidak asing dengan istilah “smartphone”. Sebab, saat ini, hampir semua orang menggunakannya. Namun, tahukah Anda definisi atau pengertian dari istilah smartphone tersebut? Tentunya bukan sekadar menterjemahkannya sebagai telepon pintar, ya.

Sebuah ponsel dan komputer genggam menciptakan revolusi teknologi yang masif sejak munculnya teknologi internet. Namun, menggabungkan keduanya adalah revolusi yang jauh lebih masif lagi.

Penggabungan keduanya inilah yang menjadi dasar pengertian smartphone, yaitu telepon seluler yang dapat melakukan hampir segala sesuatu yang dapat dilakukan di komputer pribadi namun dengan tingkat mobilitas yang sangat menonjol.

Meskipun memilik batasan untuk ukuran layar, resolusi layar smartphone terus bertambah seiring waktu sehingga dapat menampilkan gambar yang menakjubkan. Ditambah dengan fitur pengenalan suara, pengguna smartphone bahkan tidak perlu mengetik untuk memasukan sebuah kata dalam teks.

Secara singkat, saat ini pengertian smartphone adalah gabungan antara ponsel dengan e-mail dan Web, musik dan pemutar film, kamera dan camcorder, navigasi GPS, dikte suara untuk pesan dan pencarian suara untuk mengajukan pertanyaan tentang apa pun. Banyak fitur yang jauh lebih “pribadi” daripada komputer pribadi, smartphone umumnya dalam jangkauan di mana pun Anda berada.

Seperti komputer manapun, apa yang memberi hidup dari sebuah hardware adalah perangkat lunak, dan ada ratusan ribu aplikasi mobile, baik yang gratis dan berbayar. Aplikasi-aplikasi tersebut tersedia di iPhone, Android, Windows Phone dan BlackBerry.

Sejarah

Pada tahun 1994, IBM dan BellSouth memperkenalkan Simon Personal Communicator, sebuah ponsel / PDA yang berat dan mahal, yang disebut-sebut sebagai smartphone pertama di dunia. Mengumpulkan audiens yang besar di tahun 2000-an, BlackBerry menjadi smartphone paling perusahaan populer; Namun, pada tahun 2007, iPhone mengubah industri selamanya.

Smartphone modern

iPhone dan Windows Phone memiliki antarmuka pengguna yang konsisten, meskipun sangat berbeda satu sama lain. Produsen Android sering menggunakan fitur antarmuka yang unik, dan keyboard BlackBerry selalu menjadi nilai jual tersendiri.