Find Us On Social Media :

Kumpulan Fakta Sains Ini Ternyata Salah: Warna Dasar Bukan Merah, Biru, Kuning

By Lila Nathania, Sabtu, 1 Oktober 2016 | 09:00 WIB

Kumpulan Fakta Sains Ini Ternyata Salah: Warna Dasar Bukan Merah, Biru, Kuning

Intisari-Online.com – Apa yang kita pelajari di sekolah ternyata tak selalu benar. Buktinya, kumpulan fakta sains ini ternyata salah: warna dasar bukan merah, biru, kuning.

3. Manusia bahkan tomat juga bisa ditarik magnet

Siapa bilang magnet hanya bisa menarik besi? Manusia bahkan tomat juga bisa ditarik magnet. Faktanya, semua benda yang memiliki unsur zat besi, kobalt, dan nikel bisa ditarik oleh magnet. Interaksi yang terjadi dan membentuk medan magnetis di antara benda-benda non besi ini disebut diamagnetis.

Tentu saja kekuatan magnet dalam reaksi diamagnetis ini sangat lemah sehingga jarang disadari. Namun kemampuan diamagnetis ini sudah digunakan dalam ilmu kedokteran untuk melakukan magnetic resonance imaging (MRI) yang biasanya dipakai untuk memindai otak.

4. Warna Dasar bukanlah merah, biru, kuning

Kita diajarkan bahwa warna dasar merah, biru, dan kuning tak bisa dibuat dari campuran warna lain karena mereka adalah warna primer. Fakta ini ternyata sama sekali tak benar karena merah bisa dibuat dengan mencampurkan warnra magenta dan kuning. Biru juga bisa dibuat dengan mencampurkan warna magenta dan cyan.

Jika Anda hanya memakai warna merah, biru, dan kuning, justru banyak warna yang tak akan bisa muncul. Fakta sebenarnya adalah warna dasar di dunia ini adalah cyan, kuning, dan magenta. Anda bisa melihat sendiri bahwa di setiap printer warna yang disediakan adalah tiga warna primer tersebut.

(iflscience.com)