Find Us On Social Media :

Inilah Material Termahal di Dunia yang Harganya Mencapai 55 Trilyun Rupiah per Ons (2)

By Lila Nathania, Minggu, 2 Oktober 2016 | 15:30 WIB

Inilah Material Termahal di Dunia yang Harganya Mencapai 55 Trilyun Rupiah per Ons (2)

Intisari-Online.com – Bukan emas, platinum, atau permata, inilah material termahal di dunia yang harganya mencapai 55 trilyun rupiah per ons.

Material bernama endohedral fullerenes ini bisa mendeteksi lokasi dengan tingkat presisi hingga satu milimeter. Tingkat ketelitian ini bisa memberikan dampak yang sangat besar pada industri otomotif. Tepatnya, perusahaan otomotif bisa membuat mobil-mobil dengan pilot otomatis jika material ini memang terbukti memiliki tingkat presisi seampuh itu. Pasalnya, dengan tingkat presisi satu mili, setiap mobil yang bisa menyetir sendiri secara otomatis akhirnya akan mampu memonitor gerakan mereka sendiri dengan tepat.

Dr. Kyriakos Porfyrakis, orang yang mendanai program penelitian ini, berkata bahwa materi buatan mereka bisa digunakan untuk membuat jam atom yang ukurannya cukup kecil untuk dimasukkan pada sistem ponsel pintar. Ini jelas merupakan terobosan yang sangat besar karena saat ini jam atom terbaik yang pernah dibuat oleh manusia ukurannya masih sebesar satu ruangan.

Penemuan ini jelas merupakan angin segar untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Pasalnya, jam atom sendiri merupakan penemuan yang membuat kita memiliki pengukur waktu yang sangat spesifik, jauh lebih akurat daripada perhitungan waktu berdasarkan rotasi bumi yang bisa sedikit bervariasi. Semoga saja material ini memang terbukti memiliki kekuatan yang sangat hebat itu dan bisa segera digunakan untuk kepentingan manusia.

 (iflscience.com)