Find Us On Social Media :

Mitos Mempertahankan Diri yang Justru Bisa Membuat Anda Terbunuh: Gosok Tubuh yang Membeku

By Lila Nathania, Sabtu, 8 Oktober 2016 | 09:00 WIB

Mitos Mempertahankan Diri yang Justru Bisa Membuat Anda Terbunuh: Gosok Tubuh yang Membeku

Intisari-Online.com – Tidak semua hal yang kita dengar tentang mempertahankan diri itu benar. Inilah mitos mempertahankan diri yang justru bisa membuat Anda terbunuh.

5. Gosok bagian tubuh untuk menghangatkan

Jika ada orang yang sudah mengalami frostbite alias kebekuan parah, jangan pernah melakukan teknik ini. Menggosok bagian tubuh yang beku justru akan membuat kerusakan yang lebih parah. Air panas juga opsi yang buruk karena akan sangat mengagetkan bagi tubuh. Perbedaan temperatur drastis justru akan merusak bagian tubuh orang yang mengalami frostbite atau hipotermia.

Anda harus menghangatkan tubuh seseorang perlahan-lahan. Cara paling mudah adalah memberi mereka selimut dan meletakkan botol berisi air hangat di bawah ketiak. Jangan pernah berusaha menghangatkan orang yang membeku secara instan karena ini justru akan merusak jaringan tubuh.

6. Buat tenda perlindungan berbentuk A

Tempat berlindung harus dibuat sesuai dengan kondisi lingkungan. Tenda berbentuk A bisa berfungsi untuk melindungi diri dari udara panas. Namun jika Anda berada pada daerah yang udaranya dingin, tenda semacam ini tak akan berguna. Lebih baik bangun sebuah tempat berlindung yang berlapis-lapis agar tubuh bisa tetap hangat di malam hari. Jangan lupa juga ada faktor angin yang bisa merusak tempat perlindungan dan mendatangkan hawa dingin.

(iflscience.com)