Find Us On Social Media :

Ingin Merubah Karir Di Atas Usia 30 Tahun? Inilah Tips-tipsnya

By Mentari Desiani Pramudita, Jumat, 30 September 2016 | 10:30 WIB

Ingin Merubah Karir Di Atas Usia 30 Tahun? Inilah Tips-tipsnya

Intisari-Online.com- Apakah pekerjaan Anda sama dengan jurusan saat kuliah? Sebenarnya tidak ada yang salahnya jika memang seperti itu. Tapi bagaimana jika ada perasaan bahwa itu bukanlah karir yang sebenarnya diinginkan, lalu Anda ingin berubah haluan?

Saat lulus dari bangku kuliah, usia saat itu kira-kira 23 sampai 25. Tentu itu waktu yang cukup mepet untuk awal karir. Tanpa berpikir panjang biasanya seseorang langsung mencari pekerjaan yang sama dengan jurusan kuliahnya. Misal ia lulusan marketing, ia akan mencari pekerjaan seorang Marcomm.

Tapi yang perlu disadari seperti dilansir Mariaclaire.com, menurut dr. Mardia Reynolds, seorang psikolog ada saat di mana seseorang masih bertumbuh dan belum tahu apa yang benar-benar ia inginkan. Ketika masuk usia 30 tahun, ia mulai merefleksikan karir dan pilihan hidupnya. Karena itulah saat-sata memasuki dekade hidup baru.

Saat usia 30 tahun ke atas, keuangan bukanlah segalanya. Fokus mereka adalah kebahagian hidup jangka panjang. Bagaimana jika ia ingin berubah haluan karir? Tidak apa-apa. Dr. Mardia tidak segan memberitahukan tipsnya.

Berkomitmen

Ketika merubah karir, misal dari Marcomm menjadi fotografer. Pikirkan bahwa itu semua tidak akan membuat Anda menyesal karena masalah keuangan. Buat komitmen dan rencana yang matang. Jangan hanya karena merasa gajinya tidak sesuai, lalu Anda membatalkan karir baru Anda.

Lakukan Penelitian

Anda yang lahir di era sosial media pasti mengetahui bahwa ada banyak orang yang memanfaatkan sosial media untuk mendapatkan uang. Jangan ikut-ikutan hanya karena itu sedang ngetrend. Pilihlah karir dengan mengikuti kata hati Anda dan passion. Carilah yang Anda sukai. Lakukan penelitian kecil-kecilan mengenai perusahaan apa saja yang bergerak di dalamnya dan sejauh mana kelangsungan pekerjaan itu.

Kuatkan Networking

Tidak ada salahnya memiliki banyak kenalan. Ketika bertemu orang baru, kenalanlah. Minta kartu namanya jika ia ada. Kesempatan karir biasanya datang dari hal yang tidak terduga. Dari networking, Anda bisa membentuk jaringan kenalan yang besar.

Sukses Tidak Terwujud dalam Satu Malam

Anda suka mengerjakan tugas dengan kebut semalam? Jika itu saat kuliah tidak masalah. Tapi jangan lakukan dengan karir. Tidak ada orang sukses yang bisa mewujudkannya dalam satu malam. Lakukan dengan hati-hati dan penuh semangat. Hasil baik memanglah sangat diinginkan. Tapi melihat proses sampai menjadi kesuksesan, itulah utamanya.