Find Us On Social Media :

Pasangan Tersakiti Karena Perilaku Buruk Anda? Ini 10 Cara untuk Berubah (1)

By Tika Anggreni Purba, Sabtu, 1 Oktober 2016 | 06:00 WIB

Pasangan Tersakiti Karena Perilaku Buruk Anda? Ini 10 Cara untuk Berubah (1)

Intisari-online.com—Apakah pasangan  mengeluhkan soal perilaku dan kebiasaan buruk Anda? Bisa jadi hal tersebut dikemukakannya karena ia merasa tersakiti. Karena itu, jika Anda memang mengasihi pasangan Anda, maka inilah waktu yang tepat untuk berubah. Namun bagaimana caranya?

1. Kesadaran adalah kuncinya

Anda tidak akan bisa berubah jika tidak menyadari bahwa perilaku Anda membuat pasangan atau orang di sekitar Anda tersakiti. Jadi, ketika Anda ditegur atau diperingatkan oleh seseorang akan kesalahan Anda, cobalah untuk menginstropeksi diri. Sehingga Anda bisa mengubah perilaku negatif tersebut menjadi perilaku yang positif.

2. Minta maaf adalah keharusan

Ketika meminta maaf untuk kesalahan yang sudah Anda sadari dan akui, pastikan untuk bertanya padanya. “Apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki kesalahan ini?” Pertanyaan ini akan membantu Anda untuk berubah, juga mengalami rekonsiliasi dengannya. Satu lagi, pastikan untuk tidak melakukan kesalahan itu lagi.

3. Berpikir sebelum berbicara dan bertindak

Katakan pada diri Anda sendiri terlebih dahulu apa yang ingin Anda sampaikan pada pasangan. Lalu bayangkan apa yang Anda rasakan jika perkataan tersebut ditujukan pada diri Anda sendiri. Jika Anda pun bereaksi negatif, jangan katakan hal tersebut pada mereka.

4. Cobalah untuk berempati

Tempatkan diri Anda pada posisi pasangan Anda dan cobalah rasakan apa yang ia rasakan. Berempati terhadap orang yang kita cintai akan mengubah mood Anda.

5. Tenangkan diri saat marah

Jika Anda ingin mengubah kebiasaan buruk itu, upayakan untuk menghitung 1-10 sebelum Anda kehilangan kontrol. Hal ini memang trik lama, namun ampuh.

bersambung ke bagian ke-2

(psychologytoday.com)