Find Us On Social Media :

Inilah Lima Cara Untuk Menjadi Lebih Bertanggung Jawab di Dalam Hidup!

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 8 Oktober 2016 | 13:00 WIB

Inilah Lima Cara Untuk Menjadi Lebih Bertanggung Jawab di Dalam Hidup!

Intisari-Online.com - Tanggung jawab perlu dilatih sejak usia dini. Ketika tidak bertanggung jawab, maka kita akan terbiasa mendapati masalah, yang akhirnya juga tidak terselesaikan dengan baik. Belajarlah dari hal kecil untuk diri sendiri terlebih dahulu, kemudian kebiasaan ini akan terus berlanjut dalam keseharian secara keseluruhan. Sebelum terlambat, berikut adalah lima cara untuk menjadi lebih bertanggung jawab di dalam hidup yang harus dilakukan:

1. Tidak pernah beralasan

Alasan adalah musuh terbesar dari orang yang bertanggung jawab. Oleh karena itu, jangan membuat alasan untuk apapun di dalam hidup. Ketika sudah mengatakan suatu hal untuk dikejarkan, maka kerjakanlah! Dengan cara ini, orang akan tahu bahwa Anda dapat dipercaya.

2. Berhenti bermain “korban”

Jangan berpikiran bahwa dunia akan menghancurkan Anda. Bertanggung jawablah atas setiap tindakan Anda sendiri. Bila mendapat hukuman atau kegagalan, terimalah itu sebagai sebuah kesalahan. Jangan menjadikan diri sendiri sebagai korban atau berharap dikasihani, karena Anda membentuk diri sebagai seorang yang tidak bertanggung jawab di depan orang lain.

3. Temukan akar permasalahan

Ketika sedang menghadapi sebuah masalah, jangan menghindar atau melarikan diri. Hadapi dan cari cara untuk menemukan solusi terbaik. Tenangkan lebih dulu pikiran dan lihat masalah hingga ke akarnya untuk mendapatkan penyebab. Menghadapi dan menyelesaikan masalah berarti memberikan Anda pengalaman hidup yang sangat berharga.

4. Membantu orang lain

Ketika membantu orang lain tanpa pamrih, yaitu hanya bertujuan menyenangkan orang tersebut, ini akan membantu Anda menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Tidak hanya dilakukan kepada teman dekat atau keluarga, namun kepada siapa saja, sekalipun orang asing yang memang benar-benar membutuhkan pertolongan.

5. Berinisiatif

Menjadi seorang yang bertanggun jawab harus berinisiatif dan memiliki kualitas kepemimpinan. Jangan berpikir bahwa pekerjaan tertentu tidak memengaruhi Anda secara langsung. Apa yang dilakukan dengan langkah terbaik, tentu akan menghasilkan sesuatu meski tidak di saat itu juga.

Mulai sekarang, cobalah lima cara untuk menjadi lebih bertanggung jawab di dalam hidup tadi. (magforwomen.com)