Find Us On Social Media :

Perhatikan Lima Tanda Diabetes yang Mengejutkan Berikut Ini!

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 1 Oktober 2016 | 13:00 WIB

Perhatikan Lima Tanda Diabetes yang Mengejutkan Berikut Ini!

Intisari-Online.com - Sebagian dari kita mungkin hanya berpatokan pada hasil pemeriksaan yang menunjukkan tingkat gula darah yang tinggi untuk mengetahui risiko atau penyakit diabetes dalam tubuh. Di luar dari itu, nyatanya kita dapat melihat lima tanda diabetes yang mengejutkan berikut ini dan dapat dideteksi dengan lebih mudah:

Warna kulit yang berubah menjadi lebih gelap pada lipatan kulit, misalnya di bagian belakang leher, siku, atau buku-buku jari, seringkali menjadi tanda bahwa kadar gula darah yang terlalu tinggi serta gejala dari diabetes. Meskipun kondisi genetik atau hormonal dapat menyebabkan gangguan kulit, namun dokter menemukan dalam tes bahwa masalah kulit juga menunjukkan pasien yang memiliki kadar gula tinggi. Tingginya insulin juga mendorong pertumbuhan sel-sel kulit, melanin, dan pigmen, sehingga menyebabkan bercak hitam. Mengurangi berat badan dapat pula menurunkan kadar gula darah.

Diabetes menyebabkan kadar cairan di dalam tubuh bergeser, termasuk di dalam mata dan akhirnya mengarah pada penglihatan yang tidak menentu. Kebanyakan orang tau bahwa penglihatan kabur mengarah pada gejala diabetes, namun ternyata penglihatan yang tiba-tiba membaik pun dapat menjadi tanda gejala diabetes.

Diabetes mengganggu sirkulasi darah, yang akhirnya dapat menyebabkan kekeringan serta gatal pada kulit. Beberapa pasien diabetes didiagnosis mengalami gatal-gatal pada ekstremitas tangan dan kaki bagian bawah.

Bila mengalami masalah pendengaran, seperti sering membesarkan volume tv atau tidak cepat menangkap percakapan seseorang, maka pergilah ke dokter dan memeriksakan gula darah. Studi dari National Institute of Health menyarangkan gangguan pendengaran dapat menjadi gejala awal diabetes.  Peneliti percaya bahwa diabetes dapat merusak pembuluh darah serta saraf telinga bagian dalam dan menyebabkan masalah pendengaran.

Sekitar setengah dari penderita diabetes tipe 2 memiliki gangguan napas saat tidur dan sering mengantuk di siang hari. Satu penelitian di Kanada baru-baru ini menemukan 23% pasien yang didiagnosis dengan apnea tidur obstruktif ringan atau sedang. Pasien dengan gangguan napas saat tidur cenderung melepaskan hormone stres selama tidur, yang meningkatkan kadar gula darah.

Yuk, mulai perhatikan lima tanda diabetes yang mengejutkan tadi. Apakah Anda mengalami salah satunya? (prevention.com)