Find Us On Social Media :

Tahan Kantuk Tanpa Minum Kopi Juga Bisa Kok! Simak 10 Trik Ini! (1)

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 4 Oktober 2016 | 10:00 WIB

Tahan Kantuk Tanpa Minum Kopi Juga Bisa Kok! Simak 10 Trik Ini! (1)

Intisari-online.com—Kita rata-rata tahu bahwa kopi adalah ramuan mujarab yang bisa membuat kita terus terjaga tanpa kantuk. Kita biasanya merasa segar dengan meminum kopi. Sayangnya, terlalu banyak konsumsi kafein berisiko bagi kesehatan.

Nah, berikut beberapa trik alternatif yang bisa kita lakukan agar tetap segar:

1. Tidur sebentar

Selama itu tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan waktu tidur di malam hari, tidur sebentar sekitar 15-20 menit merupakan cara ampuh untuk segar kembali. Namun pastikan Anda melakukannya, 6-7 jam sebelum waktu tidur.

2. Makan camilan bernutrisi

Kadar gula darah yang rendah bisa membuat kita kurang fokus, kurang konsentrasi dan lesu. Tapi, makan terlalu banyak juga bisa membawa efek yang sama, yaitu mengantuk.  Nah untuk meningkatkan sedikit kadar gula darah itu, cobalah konsumsi camilan yang mengandung zat besi dan kaya serat. Misalnya avokad, kacang-kacangan, dan wortel. Makanan tersebut bisa menolong kita tetap on!

3. Minum air putih

Dehidrasi sangat menghabiskan energi. Ia dapat menyebabkan kelelahan dan perasaan kacau. Sehingga tubuh terasa loyo dan tak segar. Pastikan untuk minum air yang cukup.

4. Tonton tayangan lucu secara online

Misalnya kucing. Hewan ini biasanya bisa menjadi mood booster karena tingkah dan wajahnya yang lucu. Melihat tayangan yang lucu meningkatkan oksitosin.

5. Keluar ruangan

Jika kita merasa sangat mengantuk saat bekerja di dalam ruangan, cobalah untuk keluar sehingga bisa melihat suasana luar di bawah sinar matahari. Cahaya matahari, walau efeknya sama ketika melihat layar gawai, biasanya membuat kita lebih terjaga dan tidak lelah seperti memandang gawai.

Bersambung ke bagian 2

(Businessinsider.com)