Find Us On Social Media :

Apa Saja Gejala Menopause Dini?

By Monalisa Darwin D, Minggu, 9 Oktober 2016 | 07:00 WIB

Apa Saja Gejala Menopause Dini?

Intisari-Online.com - Umumnya, menopause terjadi pada wanita di atas usia 45 tahun. Namun, beberapa wanita mengalami menopause di usia sebelum 40 tahun karena beberapa faktor penyebab, misalnya kegagalan ovarium prematur, kelainan kromosom, gangguan fungsi autoimun, hingga stres. Dan, yang perlu diketahui adalah apa saja gejala menopause dini pada wanita?

1. Perubahan siklus menstruasi

Perubahan kadar hormone dan penurunan aktivitas ovarium menyebabkan haid tidak teratur dan ini menjadi salah satu gejala menopause dini yang paling umum.

2. Ketidaksuburan

Menopause menandai akhir dari siklus kesuburan ovarium untuk memproduksi telur dan sterilitas adalah gejala lain dari menopause dini. Jadi, bila mengalami ketidaksuburan, ini dapat menjadi tanda dari menopause dini.

3. Transformasi dalam vagina

Ketika menopause mendekati, ada penurunan produksi estrogen, yang pada gilirannya akan menyebabkan kekeringan di daerah vagina dan juga atrofi vagina. Produksi estrogen yang rendah di dalam tubuh juga menyebabkan penipisan vagina serta hilangnya elastisitas, sehingga dapat memengaruhi kehidupan seksual.

4. Panas dan berkeringat di malam hari

Ini merupakan tanda yang umum pada wanita menopause. Tubuh terasa panas dan sering berkeringat di malam hari, kemudian memengaruhi siklus biologis karena mengganggu tidur. Cobalah hindari penggunaan pil tidur secara berlebihan dan berlatih meditasi atau pernapasan sebelum tidur bila mengalami gejala ini.

5. Sakit kepala dan masalah emosional

Sakit kepala menjadi halangan lain bagi wanita di fase menopause. Dan, perubahan suasana hati serta masalah emosional, seperti depresi, kecemasan, hingga merasa harga diri rendah juga menjadi tanda dari menopause dini.

Nah, itu dia apa saja gejala menopause dini yang sudah kita ketahui. (magforwomen.com)