Find Us On Social Media :

Ilmuwan: Indra Keenam Benar-benar Ada tapi Bukan tentang Melihat Roh Halus

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 5 Oktober 2016 | 08:00 WIB

Ilmuwan: Indra Keenam Benar-benar Ada tapi Bukan tentang Melihat Roh Halus

Intisari-Online.com - Beberapa ilmuwan mengkalim bahwa indra keenam benar-benar ada, melampaui lima indera dasar: penglihatan, penciuman, perabaan, pendengaran, dan penglihatan. Tapi perlu dicatat, indra keenam ini tak ada hubungannya dengan melihat roh halus.

Indra keenam ini, mereka menyebut dengan gen intuisi. Tak hanya itu, indra keenam ini mempengaruhi “proprioception” alias kemampuan otak untuk mengetahui letak tubuh tanpa melihatnya.

Penemuan ini dibuat dengan bantuan dua pasien muda dengan kelainan neurologis genetika langka yang memiliki mutasi pada gen “Piezo2” yang mempengaruhi kesadaran tubuh. Ketika mata tertutup, dua pasien ini benar-benar tak bisa berjalan tanpa terjatuh.

Mereka juga tidak bisa melacak posisi lengan dan kaki mereka ketika para peneliti memindahkannya secara lembut—sesuatu yang sejatinya bisa dilakukan banyak orang tanpa melihat. 

 

Sementara mereka tidak sensitif terhadap beberapa jenis sentuhan, pasangan ini—masing-masing berusia 9 dan 19 tahun—masih bisa merasakan sakit, gatal, dingin, dan sikatan lembut. “Penelitian kami menyoroti pentingnya Piezo2 dan indra yang mengontrol kehidupan sehari-hari,” ujar ahli saraf Dr Carsten Bonnermann dari National Institute of Health, Maryland, AS.