Find Us On Social Media :

Trio Perancang Mesin Skala Molekul Terkecil di Dunia Ini Diganjar Nobel Kimia

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 6 Oktober 2016 | 11:00 WIB

Trio Perancang Mesin Skala Molekul Terkecil di Dunia Ini Diganjar Nobel Kimia

Intisari-Online.com - Trio perancang mesin skala molekul terkecil di dunia, Jean-Pierre Sauvage, Sir Faser Stoddart, dan Bernard Feringa, akhirnya resmi diganjar Hadiah Nobel Kimia 2016. Mesin yang mereka rancang berukuran seribu kali lebih tipis dari sehelai rambut dan bisa diselipkan ke tubuh manusia untuk membawa obat-obatan, seperti dalam pengobatan yang langsung diarahkan pada sel-sel kanker.

Komite Nobel di Swedia mengatakan bahwa ketiga ilmuwan itu berhasil mengkaitkan molekul-molekul yang bisa digunakan untuk merancang segala hal, termasuk mobil maupun otot dalam skala kecil.

“Mereka menguasai kendali pergerakan pada tingkat molekul,” jelas Olof Ramström dari Komite Nobel.

Jean-Pierre Sauvage lahir tahun 1944 di Paris, Prancis, dan merupakan profesor emeritus di Universitas Strasbourg serta Direktur Riset Emeritus di Pusat Penelitian Ilmiah Prancis, CNRS. Sedangkan Sir Fraser Stoddart lahir di Edinburgh, Inggris Raya, pada tahun 1942 namun kini bekerja di Universitas Northwestern di Amerika Serikat. Adapun Bernard Feringa -pria kelahiran tahun 1951 di Barger-Compascuum, Belanda- adalah profesor kimia organik di Universitas Gröningen, Belanda.

Fraser Stoddart/BBC  

Sementara itu, penghargaan Nobel Fisika untuk tahun 2016 dianugerahkan kepada tiga ilmuwan kelahiran Inggris—David Thouless, Duncan Haldane, dan Michael Kosterlitz—yang kini tinggal dan bekerja di Amerika Serikat. Temuan ketiganya—berkaitan dengan bentuk aneh dari zat—telah membantu ilmuwan-ilmuwan lain merancang materi yang baru.

Dan kita sudah tahu sebelumnya, Hadiah Nobel Kedokteran diberikan kepada ahli biologi dari Jepang, Yoshinori Ohsumi, yang dianggap berjasa atas penemuannya tentang degradasi dan daur ulang sel dalam proses yang disebut sebagai autofagi. Untuk Nobel Perdamaian dan Sastra, kita tunggu saja…