Find Us On Social Media :

5 Fakta yang Diputarbalikkan Dalam Film Snowden

By Bramantyo Indirawan, Sabtu, 8 Oktober 2016 | 14:00 WIB

5 Fakta yang Diputarbalikkan Dalam Film Snowden

Intisari-Online.com – Edward Snowden adalah mantan anggota Central Intelligence Agency (CIA) yang dikenal saat membeberkan berbagai informasi rahasia (NSA) di tahun 2013. Beberapa pengakuannya adalah fakta bahwa AS memantau  warganya hingga negara lain melalui media seperti telepon, internet, hingga sosial media.

Kisah pria yang berhasil melarikan diri dari AS ini diangkat ke layar lebar bertajuk Snowden (2016) oleh sutradara Oliver Stone. Film yang mengikuti perjalanan Snowden dalam meghadapi pekerjaannya dan berbagai keraguan moral ini menimbulkan beberapa fakta yang ternyata berbeda seperti kejadian aslinya.

Pemutarbalikkan fakta terjadi di beberapa adegan, tetapi kadang hal itu telah dijustifikasi karena informasi dramatisasi yang diberikan di awal film. Seperti yang dilansir dari Heatst.com dan sumber lainnya, berikut adalah 5 poin penting yang diubah di film Snowden.

1. Snowden adalah penasehat senior di CIA

Di filmnya, tokoh utama yang telah berada di Hong Kong untuk berbicara dengan Laura Poitras mengatakan bahwa dirinya adalah penasehat senior. Kenyataannya film ini melebihkan jabatan asli Snowden. Seorang anggota komie intelijen dari AS mengatakan bahwa pria berumur 29 tahun itu hanyalah teknisi komputer.

2. Misi Snowden

Pria yang lahir di Carolina Utara, AS ini digambarkan memiliki misi ke Hawaii untuk memimpin sebuah proyek penting di filmnya, ternyata itu berbeda dengan fakta. Chris Inglis sebagai deputi direktur NSA mengatakan bahwa Snowden tidak akan diberikan tugas sebesar itu karena hanya kontraktor dengan fungsi terbatas.

3. Snowden mencuri berbagai data di waktu yang bersamaan

Di filmnya, pria yang harus keluar dari Pasukan Khusus AS ini mencuri seluruh data dari NSA melalui kartu memori kecil di waktu yang bersamaan. Komite Intelijen AS kembali mengatakan bahwa Snowden mengambil data-data berharga itu secara perlahan dan satu-satu dalam pertukaran surel yang dilakukan serta mendapatkan akses dari petinggi NSA.

4. Snowden dikeluarkan dari tentara karena patah kaki

Di filmnya, dokter mengatakan apabila ia kembali berlatih sebagai tentara maka kakinya akan berubah menjadi debu. Laporan resmi mengatakan bahwa alasan sebenarnya adalah cidera pada tulang keringnya.

5. Snowden memiliki ijazah SMA

Di filmnya pria ini dibilang memiliki ijazah SMA, faktanya ia tidak memilikinya. Ia diduga melebih-lebihkan resumenya, atau mungkin filmnya ingin penontonnya juga tertipu? Bisa jadi.