Find Us On Social Media :

Kisah Takacs, Juara Olimpiade Menembak

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 29 September 2016 | 18:45 WIB

Kisah Takacs, Juara Olimpiade Menembak

Intisari-Online.com – Karoly Takacs. Anda pernah mendengar namanya? Di Hungaria, ia seorang pahlawan nasional, semua orang di negara itu tahu namanya dan ceritanya yang sungguh luar biasa. Mari kita simak.

Pada tahun 1938, Karoly Takacs bergabung dengan Angkatan Darat Hungaria. Ia adalah penembak pistol terbaik di dunia. Ia diharapkan untuk memenangkan emas pada Olimpiade tahun 1940 yang dijadwalkan di Tokyo.

Namun, harapan rakyat Hungaria seolah-olah lenyap ketika satu hari yang mengerikan beberapa bulan sebelum Olimpiade. Saat berlatih dengan pasukannya, sebuah granat tangan meledak di tangan kanan Takacs dan tembakan Takacs pun tertiup angin.

Takacs menghabiskan satu bulan di rumah sakit, ia tertekan karena kehilangan tangannya, dan mengakhiri mimpi Olimpiade-nya. Pada saat itu kebanyakan orang mungkin akan berhenti. Dan mereka mungkin akan menghabiskan sisa hidup mereka dengan menyesali diri.

Tetapi tidak bagi Takacs. Takacs adalah pemenang. Pemenang tahu bahwa mereka tidak bisa membiarkan keadaan menurun. Mereka memahami bahwa hidup ini keras dan bahwa mereka tidak bisa membiarkan hidup mengalahkan mereka. Pemenang tahu dalam hati bahwa berhenti bukanlah pilihan.

Takacs mengerjakan yang tak terpikirkan; ia bangkit, membersihkan dirinya, dan memutuskan untuk  belajar cara menembak dengan tangan kiri! Alasannya sederhana. Ia hanya bertanya pada dirinya sendiri, “Mengapa tidak?”

Bukan fokus pada apa yang tidak ia miliki, kelas dunia menembak dengan tangan kanan, ia memutuskan untuk fokus pada apa yang bisa ia lakukan. Ketangguhan mental yang luar biasa dan tangan kirinya yang cukup sehat, membuatnya mampu mengembangkan diri hingga bisa menembak seperti juara olimpiade.

Selama berbulan-bulan Takacs berlatih sendiri. Tidak ada yang tahu apa yang dilakukannya. Mungkin ia tidak ingin tunduk pada orang-orang yang pasti putus asa dari menghidupkan kembali mimpinya.

Pada musim semi tahun 1939, ia muncul di Kejuaraan Menembak Pistol Nasional Hungaria. Penembak lain mendekati Takacs untuk memberinya ucapan belasungkawa dan mengucapkan selamat karena memiliki kekuatan untuk datang menonton mereka menembak. Mereka terkejut ketika ia berkata, “Aku tidak datang untuk menonton, aku datang untuk bersaing.” Mereka bahkan lebih terkejut lagi ketika Takacs menang!

Olimpiade 1940 dan 1944 dibatalkan karena Perang Dunia II. Ini jelas tampak seperti mimpi Olimpic Takacs yang tak pernah memiliki kesempatan untuk mewujudkannya sendiri. Tapi Takacs terus berlatih dan pada tahun 1944 ia memenuhi syarat untuk mengikuti Olimpiade London.

Pada usia 38 tahun, Takacs memenangkan medali emas dan rekor dunia baru dalam menembak pistol. Empat tahun kemudian, Takacs memenangkan medali emas lagi di Olimpiade Helsinki tahun 1952. Takacs, seorang pria dengan ketangguhan mental untuk bangkit kembali dari apapun.

Pemenangn di setiap bidang memiliki sifat khusus yang membantu mereka menjadi tak terbendung. Ciri khusus yang memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dari kemunduran besar pada jalan menuju kesuksesan. Pemenang pulih dengan cepat. Memantul kembali tidak cukup. Pemenang bangkit kembali dengan cepat. Mereka mengambil kesuksesan mereka, mereka mengalami kemunduran mereka, mereka memiliki angin untuk dibawa dari layar mereka, tetapi mereka segera pulih. Segera mereka perang melawan diri sendiri untuk melihat sisi terang dari setiap hal. Dan mereka mengatakan pada diri mereka sendiri, “Tidak apa-apa. Selalu ada cara. Aku akan menemukan jalan.” Mereka menjadi debu bagi diri mereka sendiri, dan mengambil tempat yang mereka tinggalkan.