Find Us On Social Media :

Kisah Diogenes yang Bijaksana

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 9 Oktober 2016 | 17:30 WIB

Kisah Diogenes yang Bijaksana

Intisari-Online.com – Di Korintus, Yunani, hiduplah seorang yang sangat bijaksana bernama Diogenes. Pria dari mana pun ingin bertemu dengannya dan mendengarkan ia berbicara.

Tapi saking bijaknya, ia terlihat aneh. Ia tidak percaya bahwa ada orang yang memiliki banyak hal daripada yang diperlukannya, dan ia mengatakan bahwa tidak ada manusia yang membutuhkan banyak hal. Jadi, ia tidak tinggal di dalam rumah, tapi tidur di bak atau tong, atau ia berguling dari satu tempat ke tempat lain. Ia menghabiskan hari-harinya dengan duduk di bawah sinar matahari, dan mengatakan hal-hal yang bijaksana kepada orang-orang yang mengelilinginya.

Pada suatu siang, Diogenes terlihat berjalan-jalan dengan lentera menyala, dan melihat-lihat seolah-olah mencari sesuatu.

“Mengapa Anda membawa lentera saat matahari bersinar terang?” tanya beberapa orang.

“Saya mencari orang yang jujur,” jawab Diogenes.

Ketika Alexander Agung pergi ke Korintus, semua orang terkemuka di kota itu keluar untuk melihat dan memujinya. Tapi Diogenes tidak datang, dan ia satu-satunya pria yang pendapatnya dipedulikan oleh Alexander.

Karena orang bijak itu tidak datang untuk melihat raja, raja pergi untuk melihat orang tua yang bijak itu. Ia menemukan Diogenes tergeletak di tanah dengan baknya. Ia menikmati panas dan cahaya dari matahari.

Ketika Diogenes melihat Alexander dan banyak orang datang, ia duduk dan menatap Alexander. Alexander menyambutnya dan berkata, “Diogenes, saya telah mendengar banyak tentang kebijaksanaan Anda. Apakah ada sesuatu yang bisa saya lakukan untuk Anda?”

“Ya,” kata Diogenes. “Andadapat berdiri sedikit ke sisi sebelah, sehingga menutupi sinar matahari dari saya.”

Jawaban ini sangat berbeda dari apa yang diharapkan, raja pun terkejut. Tapi itu tidak membuatnya marah, hanya membuatnya mengagumi pria aneh ini. Ketika ia berbalik naik kembali, ia berkata kepada prajuritnya, “Katakanlah apa yang akan Anda lakukan, jika saya bukan Alexander, dan saya ingin menjadi Diogenes.”