Find Us On Social Media :

Cegahlah Ruam Popok Pada Anak

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 19 Juli 2011 | 16:22 WIB

Cegahlah Ruam Popok Pada Anak

Anda masih punya anak kecil di rumah? Malam hari ketika tidur kadang anak kita pakaikan popok sekali pakai (pokspak) agar bisa tidur nyenyak dan tidak terganggu karena popoknya basah dan sang ibu pun bisa ikut tidur nyenyak. Tapi hati-hati dalam pemakaian pokspak ini karena bisa terjadi ruam popok pada anak.

Ruam popok adalah lesi kemerahan di sekitar lipatan paha dan bokong. Terdiri atas beberapa jenis yaitu ruam popok akibat iritasi terhadap bahan pokspak atau terhadap feses atau urine yang mengendap di popok, atau karena alergi terhadap bahan popok tersebut, atau bisa juga karena ada infeksi jamur di sana.

Hentikan penggunaan popok bila terjadi ruam popok pada bayi Anda. Ruam basah dikompres NaCl 0,9%. Setelah itu dikeringkan. Bila sangat luas dan anak rewel, mungkin perlu salep steroid tetapi dengan sangat hati-hati. Bila sangat basah dan gatal dan terbukti ada infeksi jamur, beri krim antijamur atas pengawasan dokter.

Untuk pencegahannya, sementara waktu jangan gunakan pokspak. Ketika anak menggunakan popok, periksa dengan kerap. Setelah anak BAB dan BAK, segeralah bersihkan dan keringkan. Hindari juga pemakaian celana yang ketat pada anak.